Belum Ada Perubahan Tarif PDAM, HMI Cabang Bone Akan Aksi Lagi

BONEPOS.COM, BONE — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bone akan kembali menggelar aksi demonstrasi menolak kenaikan tarif Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang belum ada perubahan tarif sedikitpun pasca aksi sebelumnya, yang dimana kenaikan tarif tersebut memgacu pada Keputusan Bupati No. 1235 Tahun 2008.

Sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bone menganggap kebijakan tersebut tidak sesuai lagi dengan regulasi saat ini, pasalnya telah keluar aturan baru Permendagri No. 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum.

Sebelumya HMI Cabang Bone sendiri telah menggelar aksi demonstrasi pada 30 November lalu di depan kantor PDAM yang berakhir dengan pemukulan kader HMI oleh staf PDAM dan saat ini sudah ditangani Kapolres Bone. Pada tanggal 7 Desember HMI kembali menggelar aksi di kantor Pemeritah Daerah Kabupaten Bone terkait kenaikan tarif. Dan diketahui keputusan kenaikan tarif belum sampai pada Kepala Bagian Hukum.

Pada tanggal 10 Desember dalam forum dan dengar pendapat di Ruang Rapat Komisi II DPRD, HMI Cabang Bone bersama Anggota DPRD Kabupaten Bone komisi II, perwakilan Kepala Bagian Hukum, Dirut PDAM beserta mantan pengawas membahas tentang kenaikan tarif. Namun, kader HMI Cabang Bone memilih walkout lantaran tidak adanya kebijakan dan tawaran yang pro pada masyarakat dalam pertemuan tersebut.

Rencanya, seluruh kader HMI akan kembali menggelar aksi menolak kenaikan tariff. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Sabir selaku Ketua Umum HMI Cabang Bone usai rapat presidium.

“Bersama masyarakat Bone, HMI akan kembali melakukan aksi lanjutan terkait penolakan kenaikan tarif PDAM sebesar 50%," kata Muhammad Sabir.

“Dan sampai sejauh ini belum ada kejelasan dan perubahan terkait tuntutan kami yang mewakili keluhan masyarakat Bone," pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Aksi Iwan Taruna mengatakan bahwa jika tidak ada perubahan tarif PDAM sebesar 52% tersebut, maka pihaknya akan terus melakukan aksi demonstrasi.

"Kami tidak akan pernah diam selama masalah kenaikan tarif ini belum tuntas. Yang perlu saya pertegas bahwa gerakan HMI Cabang Bone murni dari hasil kajiannya bukan atas adanya oknum yang menunggangi,"ungkap Iwan Taruna

Penulis : Ahmad Kaisar