Ini 4 Tokoh Perempuan Bulukumba Raih Penghargaan Gender Champions Bupati Bulukumba

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten Bulukumba memberikan penghargaan Gender Champions kepada empat tokoh perempuan Bulukumba, yang berlangsung diruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Rabu 26 Desember 2018.

Penghargaan tersebut diberikan dirangkaian peringatan Hari Ibu ke 90. Keempat perempuan yang mendapatkan Gender Champion tersebut adalah almarhumah Hj. Rosna Rosman, yang merupakan istri Bupati AM Sukri Sappewali,  Hj. Banri Alang, Dr. Andi Sumrah Pananrangi, dan Hj. Hartati.

Penghargaan diberikan karena keempatnya dinilai sebagai sosok yang intens memperjuangkan dan menyuarakan kesetaraangender di Kabupaten Bulukumba.

Bupati AM Sukri Sappewali yang menyerahkan penghargaan kepada keempat tokoh perempuan tersebut berharap para perempuan untuk aktif mendampingi dan bersinergi dengan para laki-laki dalam menggerakkan pembangunan di Kabupaten Bulukumba.

Ia juga meminta agar istri para ASN di Bulukumba aktif dalam organisasi perempuan utamanya dalam kepengurusan Dharma Wanita.

“Di balik suami yang sukses ada istri yang mendukung,” kata AM Sukri Sappewali sebelum membacakan sambutan seragam Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka memperingati hari Ibu ke 90 tahun 2018

Peringatan Hari Ibu ini, lanjut Bupati dua periode itu mengingatkan dirinya kepada sang istri yang sudah meninggal, dimana semasa hidupnya berjuang bersama mendampingi dirinya, baik sebagai prajurit TNI maupun ketika menjadi politisi dan menjadi Bupati Bulukumba.

Menurutnya peringatan Hari Ibu sangat penting karena lebih tua dibanding peringatan HUT Proklamasi. Artinya kemerdekaan itu diraih atas peran dan jasa para kaum perempuan, khusus dari para tokoh perempuan yang menjadi pahlawan bangsa dan negara.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Ibu ke 90, Irmayanti Asnawi Bau Amal mengatakan tujuan peringatan Hari Ibu adalah untuk meningkatkan peran perempuan Indonesia dalam setiap aspek kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh panitia, meliputi anjangsana dengan memberi bantuan kepada lima Panti Asuhan serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong dan Taman Makam Pahlawan Nasional H. Andi Sulthan Dg Radja di Ponre.

Salah satu acara yang cukup menarik dalam peringatan Hari Ibu kali ini adalah drama teatrikal dan puisi yang dipersembahkan oleh Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba. Drama dan puisi tersebut menceritakan kisah perjuangan almarhumah Hj. Rosna Rosman, istri Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali.

Sontak suasana peringatan Hari Ibu menjadi haru dalam mengenang kembali almarhumah mendampingi suaminya dalam kondisi sakit dan pada akhirnya berpulang kerahmatullah pada akhir bulan ramadhan yang lalu.

Iwan Taruna