Andi Seto Asapa Launching Aplikasi Musrenbang Online

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa - BONEPOS.COM

BONEPOS.COM, SINJAI - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, membuka Musrenbang RPJMD tahun 2018-2023 dan launching Musrenbang Online, di Kantor Bupati Tanassang, Kamis (27/12/2018).

Ketua Panitia yang juga Kepala BAPPEDA Sinjai, Drs.Andi Ilham Abu Bakar, menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan forum perencanaan pembangunan untuk mengakomodir peran para pemangku kepentingan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Sinjai 2018-2023.

Hal tersebut, bertujuan untuk penajaman penyelarasan sinergitas terhadap tujuan dan sasaran, strategi arah kebijakan dan program pembangunan daerah selama lima tahun ke depan.

"Sedangkan untuk Musrenbang Online yang di launching hari ini dimaksudkan untuk memudahkan proses penyampaian usulan dari masyarakat desa dan kecamatan. Cara penggunaan aplikasi Musrenbang Online dapat diakses melalui youtube dengan kata kunci pencarian SIPPADAI," urainya.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, turut menyampaikan bahwa musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini adalah merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Sinjai Tahun 2018 - 2023, yang sebelumnya telah didahului dengan beberapa tahapan, antara lain Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD, Penyusunan Rancangan RPJMD.

Menurut Andi Seto, dalam tahapan - tahapan tersebut, telah terlaksana pula beberapa kegiatan yang di antaranya Rapat persiapan Penyusunan RPJMD, orientasi awal RPJMD, penyampaian Rancangan Awal RPJMD kepala DPRD, dan konsutasi kepada Gubernur Sulawesi Selatan.

"Seluruh isi dari dokumen RPJMD agar kiranya mampu menjawab semua permasalahan dan isu strategis yang kita hadapi di Sinjai, utamanya kita fokus pada visi misi lima tahun ke depan,," jelas Bupati.

Diketahui, launching Musrembang Online ini merupakan upaya perbaikan tata kelola pemerintahan dan juga mewujudkan proses perencanaan pembangunan yang lebih transparan, responsif, efisien, efektif, partisipatif, terukur, dan berkeadilan.

Aplikasi SIPPADAI serta Musrenbang Online ini juga sekaligus menjawab tuntutan KPK terhadap seluruh daerah untuk menerapkan proses perencanaan pembangunan daerah dalam bentuk sistem informasi. (*)