Nikmati Panorama Alam “Negeri Berselimut Kabut” di Sinjai

Kabupaten Sinjai merupakan daerah yang terletak di Jazirah Sulawesi Selatan, yang kaya dengan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya.

Sinjai yang dikenal sebagai daerah Panrita Kitta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, sekaligus melengkapi referensi bagi para pecinta wisata yang ingin berkunjung ke Kabupaten Sinjai.

Beberapa destinasi yang wajib untuk dikunjungi di Sinjai diantaranya dikecamatan Sinjai Utara, yakni Taman Purbakala Batupake Gojeng yang terletak di Kelurahan Biringere menyimpan keindahan tak ternilai, dan Benteng Balangnipa yang berdiri kokoh di Kelurahan Balangnipa, menunjukkan bahwa Kabupaten Sinjai sarat akan cerita sejarah perjuangan melawan penjajah.

Bergeser ke Kecamatan Sinjai Timur, kita dapat menyaksikan keindahan dan hamparan hutan mangrove yang terletak di Desa Tongke-tongke. Kita dapat menyusri hutan mangrove ini dengan melewati jembatan kayu, bahkan untuk mengeksplore lebih jauh tentang hutan mangrove, kita dapat menyewa speed boat yang disediakan ditempat tersebut, selain itu dihutan mangrove juga disediakan kafe terapung untuk memanjakan para pengunjung menikmati suguhan sarabba dan ubi kayu.

Tempat ini adalah merupakan pusat restorasi dan pembelajaran mangrove, yang memiliki luas sekitar 173,5 hektar, jarak tempuh dari ibu kota Kabupaten Sinjai sekitar 8 Kilometer.

Selain di Tongke-tongke kita dapat menyaksikan keindahan pulau Larea-rea yang merupakan bahagian gugusan pulau sembilan yang berada di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau ini nampak terlihat cantik setelah pemerintah daerah melakukan penataan, dan kini banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk sampai kepulau larea-rea, dari kota Sinjai kita menuju ke Pelabuhan Cappa Ujung Kelurahan Lappa, cukup dengan menggunakan perahu kayu dengan memakan waktu satu jam, atau bisa juga menggunakan speed boat dengan memakan waktu 15 menit sudah sampai di tempat tujuan.

Setelah puas menikmati ke indahan lautnya, maka kita dapat mengeksplore keindahan alam Sinjai yang ada di Taman Hutan Raya (Tahura) Abdul Latief.

Kalau di Tator ada Negeri di atas awan, maka di Sinjai ada negeri berselimut kabut tepatnya di Tahura Abdul Latief.

Keindahan Tahura Abdul Latief membuat Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa tertarik untuk menatanya. Bahkan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai menggelar acara tahun baru di Taman Hutan Raya beberapa waktu yang lalu.

Selain itu kita juga dapat berselfi ria dengan tempat swafoto dipuncak gunung di taman Pattiro tiroang yang berada di Desa Bontotenga Kecamatan Sinjai Borong yang beberapa waktu yang lalu diresmikan oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa.

Lain halnya dengan Kecamatan Sinjai Barat. Kecamatan ini seolah menyimpan mutiara dengan kekayaan alam dan keindahan panorama alamnya, seperti keindahan air terjun Laliako yang ada di Desa Terasa.

Setelah menikmati keindahan alam dan sejarahnya, jangan lupakan budayanya yang tidak kalah menariknya untuk kita datangi, yaitu rumah adat Karampuang yang berada di Kecamatan Bulupoddo.

Puas berjalan-jalan dengan menikmati keindahan alam Sinjai, kini tiba waktunya untuk menikmati wisata kuliner yang ada di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Lappa Kecamatan Sinjai Utara. Tempat ini ramai dikunjungi pada malam hari dengan suguhan ikan bakar, ditambah dengan minuman minad khas Sinjai.

Selamat berakhir pekan.
Ayo Ke Sinjai.

Penulis : Usman Balo
Kasubag Humas Pemda Sinjai