FD BKM Gowa Gelar Gerakan Tanam Seribu Pohon

BONEPOS.COM, GOWA--Forum Daerah (FD) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kabupaten Gowa, memprakarsai gerakan Aksi tanam 1000 pohon, Ahad 6 Januari 2019.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari program Kota tanpa Kumuh (KOTAKU).

Kegiatan ini dilaksanakan tepatnya di Kelurahan mawang, Kecamatan Somba Opu. Area penanaman 1000 pohon ini dibagi menjadi empat lingkungan termasuk area sekitaran Danau Mawang.

Adapun tema yang diusung, Gerakan “Aksi Menanam 1000 Pohon Save Our Earth”.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala dinas lingkungan Hidup Kabupaten Gowa (DLH) Andi Marzuki Msi, Camat Somba Opu, Indra Wahyudi, DANRAMIL Somba opu, Koordinator Wilayah KOTAKU Nurlia Ruma, Lurah Mawang dan Ketua Forum Daerah Badan keswadayaan Masyarakat (FD BKM GOWA) M. Nur Zakaria Leo.

Dalam sambutannya, Koordinator Wilayah KOTAKU Nurlia Ruma mengungkapkan, ”Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa khususnya Bupati Gowa beserta kadis DLH Camat Somba Opu yang selaku mensupport kegiatan segala rangkain program KOTAKU di Kabupaten Gowa," jelasnya.

Nurlia melanjutkan, semua pihak harus mendukung program ini. “Jangan lagi terpikir untuk menebang pohon. Justru bagaimana caranya setiap orang bisa menanam minimal satu pohon agar bisa mengantisipasi global warning," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Camat Somba Opu, Indra Wahyudi mengungkapkan aksi menanam 1000 pohon kali ini sangat patut diapresiasi. Pasalnya, aksi ini merupakan salah satu inovasi, sehingga pemerintah Kelurahan Mawang dan Kecamatan Somba Opu dapat mencapai akselerasi sesuai yang diinginkan Pemerintah Kabupaten Gowa.

"Kami ingin membuat wilayah Kabupaten Gowa ini khususnya Kecamatan Somba Opu menjadi bersih aman dan nyaman. Salah satunya melalui aksi menanam 1000 pohon," singkatnya.

Ia menambahkan, di tengah kehidupan masyarakat yang terkesan apatis, ternyata masih ada sekelompok orang yang betul-betul peduli dengan kondisi lingkungan dan penghijauan.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kelurahan Mawang dan jajarannya  pada hari ini. Terima kasih banyak juga kepada para warga," tutupnya.

Ahmad Rusli