Dipusatkan di Bone, Upacara HUT Satpam ke-38 Berlangsung Khidmat

hut satpam di bone
Ratusan personil Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara peringatan HUT Satpam ke-38 di Mapolres Bone jalan Laksamana Yos Sudarso Selasa 8 Januari 2019. (BONEPOS.COM - ILHAM ISKANDAR).

BONEPOS.COM, BONE - Ratusan personil Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara peringatan HUT Satpam ke-38 di Mapolres Bone jalan Laksamana Yos Sudarso Selasa 8 Januari 2019.

Peringatan hari satpan tahun ini di pusatkan di Mapolres Bone yang di ikuti personil satpan dari berbagai kabupaten diantaranya kabupaten Bone Soppeng wajo dan sinjai.

Kapolres soppeng AKBP Dedy Dewanto sebagai inspektur upacara yang di hadiri kapolres Bone , wajo dan sinjai.

Kapolres soppeng AKBP Dedy Dewanto saat membacakan sambutan seragam Kapolri Jenderal Tito Karnavian, AKB Dedy Dewantho mengatakan meminta agar momentum ini dijadikan sebagai ajang instropeksi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan.

"Guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang," ungkapnya.

Perlu diketahui, bahwa dinamika lingkungan strategis pada tataran global dan regional, senantiasa memberikan dampak kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disatu sisi, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri globalisasi, merupakan potensi besar bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Namun di sisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai potensi gangguan dan kejahatan berdimensi baru, yang berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab institusi Polri," terangnya.

Sementara dalam lingkup nasional, lanjut Dedy, bangsa Indonesia tengah menyambut agenda Pemilu 2019 sebagai wujud dari pesta demokrasi.

"Jika ditinjau dari prospektif keamanan, agenda tersebut memiliki karakteristik kerawanan yang khas. Karena untuk pertama kalinya, Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak," ujarnya.

Dalm menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat.

"Termasuk satuan pengamanan (Satpam) sebagai profesi yang luhur, dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya," tuturnya.

Pemandangan menarik di jelang upacara sejumlah wanita berseragam satpan memberikan bunga setiap tamu dan muspida yang melintas di lapangan upacara

Selain Kapolres, upacara HUT Satpam ke-38 ini juga diikuti sejumlah perwira Polres Bone, dan unsur Forkopimda Kabupaten Bone.

Ilham Iskandar