Angkut Tumpukan Sampah di TPS Liar, Kontraktor di Bone Ini Kerahkan Truk

tumpukan sampah
Truk milik PT Amin Jaya sedang mengangkut sampah yang menumpuk di TPS liar, Rabu, 9 Februari 2019 kemarin. (BONEPOS.COM - IST).

BONEPOS.COM, BONE - Miris dengan tumpukan sampah yang semakin tak terkendali di tempat pembuangan sampah (TPS) liar, Agung Ifrayim, seorang kontraktor muda di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, kerahkan armada truk miliknya untuk mengangkut sampah.

Hal ini dilakukan putra almarhum Ir Ifrayim ini tidak lain hanya untuk melihat kota Watampone bersih dari sampah yang diketahui beberapa pekan terakhir ini menjadi momok di masyarakat. Pasalnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) belum menemukan solusi terkait masalah sampah tersebut.

"Ini hanya untuk melihat Bone bersih dari sampah. Ini bentuk keperihatian saja. Begitu saya diminta bantuan truk untuk mengangkut sampah oleh dinas PUPR saya langsung perintahkan sopir saya untuk bergerak," kata Agung, kepada Bonepos.com, Kamis, 10 Januari 2019.

Untuk diketahui, tumpukan sampah yang meluber hingga ke jalan di sejumlah ruas jalan di Kota Watampone, saat ini telah diangkut secara bertahap oleh Dinas PUPR dan Pemadam Kebakaran yang dibantu dengan armada truk sejumlah kontraktor.

Kepala Dinas PUPR, Khalil Sihab menuturkan, untuk mengangkut tumpukan sampah milik warga ini, pihaknya mengerahkan sedikitnya 6 (enam) unit truk tongkang milik PT. Amin Jaya ditambah satu unit alat berat Loader milik Dinas PUPR.

"Untuk mengangkut sampah-sampah ini, Kami menggandeng PT Amin Jaya ditambah dengan 1 alat berat dinas PU. Ini inisiatif kami untuk mengerahkan bantuan mengatasi masalah sampah yang berserakan di jalan," ujar Khalil.

Adapun sampah-sampah yang telah diangkut itu, kata Khalil, selanjutnya akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang telah disediakan pemerintah. Khalil berharap masalah sampah di Bone ini dalam waktu cepat bisa teratasi, sehingga tidak ada lagi sampah yang menumpuk tidak terangkut.

Ilham Iskandar