Hati-Hati Jangan Share Momen Anak di Medsos!

BONEPOS.COM - Disadari maupun tidak kita sering membagikan berbagai aktivitas di media sosial. Baik aktivitas pribadi maupun keluarga. Bahkan, banyak orangtua gemar membagikan kegiatan sang buah hati baik dalam bentuk foto maupun video dalam unggahan di media sosial.

Memang membagikan di media sosial merupakan hal yang normal. Tetapi bisa saja hal tersebut menimbulkan tampak buruk bagi sang anak. Ya, karena tanpa disadari kegiatan seperti itu dapat membuat anak rentan terhadap bahaya dan pengaruh dari luar.

Banyak orang yang menyukai melihat foto-foto bayi, tetapi ternyata menimbulkan bahaya seperti predator online dan mengganggu privasi anak Anda. Jika Anda sering membagikannya, disarankan untuk berhati-hati.

1. Foto tanpa mengenakan pakaian

Banyak orangtua yang mengunggah foto anaknya saat sedang mandi atau belajar menggunakan toilet, tanpa mengenakan selembar kain sedikit pun di facebook atau media sosial lainnya. Hal ini tidak hanya melanggar privasi mereka, namun bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

2. Saat sakit atau terluka

Foto saat anak sedang sakit mungkin akan mengundang simpati orang yang melihatnya, tetapi ingat itu mungkin bukan hal yang tepat untuk dilakukan. Orangtua yang memposting foto anaknya saat mereka sedang sakit, tujuannya adalah hanya mempromosikan dirinya.

Menurut seorang pakar pengasuhan anak, hal tersebut akan memberikan dampak ketagihan karena orangtua yang mengunggahnya akan kebanjiran komentar.

3. Mempermalukan mereka

Selalu ingat bahwa anak-anak membangun rasa percaya diri dan harga diri mereka di tahun-tahun pertama mereka. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa anak itu terlalu kecil untuk dipahami, tetapi ketika Anda mempermalukan mereka atau menyebutnya gemuk atau hitam, mereka dapat menderita masalah kepercayaan diri di kemudian hari.

4. Detail pribadi

Jika Anda mengunggah gambar anak yang memenangkan penghargaan di sekolah mereka atau gambar tempat tinggal saat Anda pergi, berhati-hatilah. Anda membuat predator dan penculik dengan mudah menargetkan anak-anak.

5. Saat sedang bersama anak kecil lainnya

Bukanlah masalah jika berbagi foto anak-anak saat sedang bersama sepupu atau teman-temannya, tetapi ingatlah bahwa Anda harus selalu mendapat izin dari orangtua lainnya.

Sama seperti Anda merawat si kecil, perluas kepekaan yang sama kepada anak-anak lain dan tanyakan kepada orangtua mereka sebelumnya apakah mereka memiliki kekhawatiran tentang hal itu.

6. Terintimidasi

Memang terkadang ada manfaat menunjukkan bahwa anak intimidasi oleh sesuatu, tetapi menunjukkan kelemahan akan memberikan pengaruh negatif mereka. Itu juga mempermalukan mereka dan membuat mereka lebih cemas.

7. Tidak aman

Jika Anda berpikir dua kali sebelum membiarkan anak Anda menyentuh sebotol bir atau menyembunyikan rokok, Anda juga harus berpikir dua kali sebelum memposting gambar seperti di tempat mereka berada.

Editor : Nur Atika Pratiwi