Wabup Ambo Dalle Pimpin Rakor Verifikasi Kabupaten Kota Sehat

Rapat verifikasi Kabupaten Kota Sehat

BONEPOS.COM, BONE -Forum Kabupaten Bone Sehat (FKBS) menggelar rapat koordinasi dengan pengurus dari 27 Kecamatan, Kelompok kerja (pokja) desa dan kelurahan di Aula Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Jend. Ahmad Yani Watampone, Kamis (10/1/2019).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri seluruh pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Bone, Tim dan Pembina Forum Kabupaten Bone Sehat.

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle. Ia mengatakan, bahwa rapat koordinasi ini adalah Verifikasi Kabupaten Kota Sehat KKS Tingkat Provinsi dan Pusat Tahun 2019.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Bone mewarning seluruh OPD, Camat, dan Lurah, serta seluruh komponen masyarakat Kabupaten Bone untuk menyukseskan terkait Verifikasi Kabupaten Kota Sehat KKS Tingkat Provinsi dan Pusat Tahun 2019.

Masalah kebersihan lingkungan menjadi tolok ukur dalam penilaian dan Verifikasi Kabupaten Kota Sehat KKS Tingkat Provinsi dan Pusat Tahun 2019.

Apalagi tahun 2019 ini Bone menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang menjadi rujukan untuk memperoleh penghargaan tertinggi.

“Untuk tahun 2019, kita target meraih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara. Itu penghargaan tertinggi kabupaten dan kota sehat,” kata Wabup.

Hal ini beralasan, karena saat ini laporan secara administratif tengah diperiksa dan dinilai oleh tim Verifikasi Kabupaten Kota Sehat KKS Tingkat Provinsi dan Pusat Tahun 2019, meskipun hasilnya masih ada yang perlu dilengkapi.

“Setelah verifikasi administrasi, selanjutnya tim penilai akan turun langsung melihat kondisi sebenarnya yang ada di lapangan, apakah sesuai yang tercatat dalam laporan administratif,” jelas wabup Bone.

“untuk menyukseskan kegiatan verifikasi ini, tidak ada alasan untuk tidak berbenah, oleh karena itu diperlukan dengan segera kerja keras dan sinergitas antar seluruh komponen khususnya OPD terkait dan pelibatan masyarakat.

” termasuk seluruh kantor dan pelayanan publik agar diadakan kawasan tanpa rokok dan pojok merokok di wilayah kerja masing-masing”
“Untuk tahun 2019 ini kita target meraih Swasti Saba Wistara, yaitu penghargaan tertinggi untuk kabupaten dan kota sehat

Untuk diketahui, Penilaian Kabupaten Kota Sehat dihelat setiap 2 tahun sekali secara Nasional. Pada tahun 2015 Bone meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan). Tahun 2017 mengalami peningkatan menjadi Swasti Saba Wiwerda (taraf Pembinaan)***ilham iskandar