Budayakan Hidup Sehat, DLHK Bulukumba Launching ‘Gerakan Tumblr’

Wabup Tomy Satria Yulianto hadiri launching Gerakan Tumblr Bulukumba

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Dalam rangka mengurangi penggunaan dan penumpukan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menginisiasi Gerakan Bulukumba Membawa Tumblr atau botol air minum, Jumat (11/1/2019).

Penggunaan tumblr diharapkan mampu mengurangi penggunaan botol maupun gelas air mineral yang berbahan plastik.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.

Kepala DLHK Misbawati A. Wawo mengemukakan jika gerakan penggunaan tumblr adalah bagian dari upaya menjamin pengelolaan sampah dengan baik dan berwawasan lingkungan.

Pihaknya, kata Misbawati sudah memiliki Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bulukumba dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis (Jakstrada).

“Jakstrada ini merupakan kebijakan pro lingkungan dalam rangka mengatasi dan mengurangi permasalahan sampah terutama masalah sampah plastik yang semakin hari semakin banyak,” tuturnya.

Ia menyebut, problematika dari sampah plastik adalah sulitnya didaur ulang. Dalam pengelolaan sampah dikenal dengan sistem 3R atau Reuse, Reduce dan Recycle.

“Nah disinilah kami mencoba menindak lanjuti dengan kampanye tumblr untuk mendorong adanya perubahan perilaku masyarakat agar meminimalisir penggunaan plastik, termasuk kantong kresek untuk menjaga kelestarian lingkungan,” pintanya.

Iwan Taruna