Tingkatkan Sistem Keamanan, Ini yang Dilakukan Lapas Bone

BONEPOS.COM, BONE - Dalam Lapas dalam rangka pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Watampone, melakukan trobosan baru untuk sistem keamanan di Dalam Lapas, yakni dengan memasang pintu putar.

Kalapas Watampone, Lukman Amin yang meninjau langsung pembuatan pintu putar ini menjelaskan, tujuan dari pembuatan pintu tersebut adalah bentuk antisipasi dini dalam upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban secara massal yang dilakukan oleh WBP.

Selain itu, kata Lukman, hal ini juga merupakan upaya tindak lanjut kita atas perintah dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengenai penciptaan situasi Keamanan dan Keteriban yang kondusif di dalam Lapas.

"Dengan model pintu seperti ini yang secara teknis dimana hanya dapat di lalui oleh tiap orang secara satu persatu secara bergantian, sehingga dapat mempermudah petugas saya dalam mengontrol para Napi," ungkap Lukman kepada Bonepos.com, Kamis, 10 Januari 2019.

Dijelaskan Lukman, pintu ini juga menjadi pembatas gerak dari WBP jikalau seandainya ada upaya untuk melakukan penyerobotan ke gedung utama perkantoran dalam Lapas.

"Pintu Putar yang sementara dalam proses pengerjaan ini. Rencananya, pemasangan pintu pengaman blok tahanan dan Napi ini akan dilakukan beberapa hari kedepan," ujarnya.

Andi Yudistira