Kapolres Gowa Beri Pembekalan Berantas Hoax Jelang Pemilu 2019

Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga

BONEPOS.COM, GOWA-- Menjelang Pemilu 2019, sejumlah konflik berusaha dimunculkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah maraknya penyebaran Hoax (berita bohong/palsu) di tahun politik ini.

Menyikapi hal itu, Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga pun mengajak seluruh personil Bhabinkamtibmas jajarannya dapat proaktif dalam melawan penyebaran Hoax yang memanfaatkan media sosial.

Hal itu ditegaskannya langsung saat menggelar pertemuan dengan seluruh personil Bhabinkamtibmas jajarannya, di Aula Endra Dharmalaksana, Senin (14/01) pagi ini.

“Konflik penyebaran Hoax ini harus dihadapi dengan cerdas. Personil Bhabinkamtibmas harus jadi polisi “jaman now” yang proaktif dan melek akan perkembangan informasi,” terang Shinto.

Kapolres pun memaparkan sejumlah cara untuk melawan Hoax kepada personilnya. “Intinya, saring dulu sebelum disharing. Setiap menerima informasi/berita agar cermati terlebih dulu, utamanya yang berbau provokatif. Pastikan dulu fakta dan keaslian fotonya,” tutur Shinto.

Lebih lanjut, Kapolres juga menyampaikan kepada Bhabinkamtibmas agar apabila menemui peredaran berita/informasi yang palsu di media sosial, hendaknya segera melakukan take-down.

Bhabinkamtibmas pun ditegaskan untuk dapat lebih intens berada di tengah-tengah masyarakatnya, guna sebagai sarana dalam mengedukasi warga melawan Hoax yang dilakukan secara massif, sekaligus untuk mengantisipasi dan meredam jika terjadi penyebaran Hoax.

Ahmad Rusli