Pimpin Rakor Pendampingan Desa, Ini Instruksi Bupati Bone

Bupati Pimpin Rakor
Bupati Pimpin Rakor

BONEPOS.COM, BONE - Bupati Bone membuka rakor Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP), Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI),Pendamping Lokal Desa (PLD) se-Kabupaten Bone.

Kegiatan rakor yang prakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bertempat di Gedung DPRD Bone Selasa 15 Juni 2019,

Dalam arahannya, Bupati Bone mengajak para pendamping dan tenaga ahli diharapkan dapat membantu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah tugas masing-masing.

Menurut Bupati A Fahsar pendampingan menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk percepatan pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa.

“Karena, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai melalui peningkatan pengetahuan dan budi pekerti. Selain itu melalui keterampilan, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya sesuai esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa
pembinaan dan pengendalian tenaga pendamping profesional di kabupaten yang membidangi Dinas PMD bertugas melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan serta berwenang mengoordinasikan pendamping profesional dengan stakeholder di wilayah kerja masing-masing.

“Mulai evaluasi kinerja, supervisi kinerja lapangan, supervisi kinerja administrasi, rapat-rapat koordinasi dengan pendamping. Selain itu melakukan pembinaan dan pengendalian, serta membentuk tim pembina tingkat kabupaten yang terdiri dari OPD teknis” jelas Bupati Bone

Bupati Bone berharap dengan pendampingan desa dapat meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintahan desa dan pembangunan desa.

“Saya harap adanya pendampingan ini dapat membantu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Utamanya, meratakan pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah Kabupaten Bone. Dengan begitu, kata bupati, berbagai kesenjangan yang ada baik antar desa dan desa maupun antara kota dan desa dapat diminimalisir” tutup Bupati Bone"

Dalam acara tersebut turut mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bone A.Arsyad,Tenaga Ahli, serta sejumlah ASN lingkup DPMD Kabupaten Bone.