Wakil Bupati Bone Membuka Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Data dan Analisis RP3KR

Wakil Bupati Bone Buka FDG
Wakil Bupati Bone Buka FDG

BONEPOS.COM - Wakil Bupati Bone Drs H Ambon Dalle membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD)Pembahasan Data dan Analisis Rencana Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP), di ruang Rapat pimpinan kantor bupati Bone Selasa 15 Januari 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan kab.Bone dan Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bone yang dihadiri Wakil Bupati Bone, H.Ambo Dalle asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. A.Gunadil Ukra Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kab.Bone, Drs.H.Syafruddin, sejumlah Camat dan Lurah, serta unsur BUMN.

Diskusi ini membahas persiapan rumusan rekomendasi kebijakan, strategi, dan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman, serta langkah-langkah koordinasi, pengendalian, dan pemantapan pelaksanaan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman, dan lain-lainnya.

Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle berharap diskusi ini bisa melahirkan sebuah rekomendasi, dengan analisis rencana yang mumpuni sesuai tugas Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Bone.

“Karena tujuan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman bagaimana meningkatkan akses masyarakat terhadap hunian yang layak dan terjangkau serta didukung oleh prasarana dan sarana dasar permukiman yang memadai” jelas Wakil Bupati.

Dasar hukum terkait Rencana Pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP), yaitu UU No.32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah yang mengamanatkan, bahwa pemerintah kabupaten mempunyai tugas menyusun RP3KP. kemudian PP No.15 tahun 2010 tentang penyelenggaraan penataan ruang.

Sedang konsepsi RP3KP, yakni skenario penyelenggaraan pengelolaan bidang PKP yang terkoordinasi dan terpadu secara lintas sektoral dan lintas wilayah administratif, serta jabaran pengisian rencana pola ruang kawasan permukiman dalam RTRW.

Sehingga dengan adanya Focus Group Discussion (FGD)Pembahasan Data dan Analisis RP3KP tersebut, diharapkan melahirkan sebuah dokumen RP3KP yang merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari RPJMD dan Tata Ruang Wilayah (RTRW).

ilham iskandar