Satpol PP Bersama Bawaslu Tertibkan 4959 APK Yang Langgar Aturan

Satpol PP Bersama Bawaslu Saat Pembongkaran APK Yang Melanggar Aturan

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bulukumba, melakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar.

Mereka menyisir APK yang terpasang disejumlah titik yang melanggar aturan etika, estetika, keindahan, dan kebersihan lingkungan serta melanggar perundang undangan.

Menurut Koordinator Divisi Pencegahan, Hubungan antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bulukumba, Abdul Rahman mengungkapkan bahwa sebelum Proses Penertiban tersebut dilakukan di Sepuluh Kecamatan yang berlangsung sejak Tanggal 10,11,14,15,16 Januari 2019. Bawaslu Bulukumba telah memberikan Himbauan ke Seluruh Peserta Pemilu untuk selalu taat terhadap aturan.

"Fokus kita saat ini adalah menertibkan APK yang terpasang tidak sesuai aturan, saya kira aturannya sudah jelas, dalam UU N0 7 Tahun 2017 Pasal 298 (2). Pemasangan alat peraga dilaksanakan dengan mempertimbangkan Etika, Estetika, Kebersihan, dan Keindahan kota. Begitupun pada Peraturan KPU No 28 tahun 2018 pasal 31 (2) Bahan kampanye tidak disebarkan atau ditempelkan di tempat umum seperti Tempat ibadah, Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, Gedung atau fasilitas milik pemerintah, Lembaga pendidikan, Jalan protokol, Jalan bebas hambatan, Sarana dan prasarana publik, Taman dan pepohonan," ujar Abdul Rahman.

"Tugas Bawaslu sudah jelas, dalam Perbawaslu Nomor 28 tahun 2018 pasal 26 (2) Dalam hal ditemukan alat peraga dan bahan kampanye yang melanggar ketentuan peraturan perundang undangan, dalam hal penurunan dan pembersihan, Pengawas pemilu berkoordinasi dengan satuan polisi pamong praja, dengan dasar inilah Bawaslu Bulukumba berkoordinasi dengan SATPOL PP untuk menertibkan APK yang melanggar, jadi penertiban ini dilakukan oleh SATPOL PP yang di dampingi oleh Pengawas Pemilu,"tambah Abdul Rahman.

Selama 5 hari Proses Penertiban dilaksanakan, Bawaslu Bulukumba bersama Satpol PP menertibkan 4959 APK yang tersebar di 10 Kecamatan diantaranya :
1. Gantarang Sebanyak 829
2. Ujung Bulu sebanyak 267
3. Kindang sebanyak 369
4. Rilau Ale sebantak 241
5. Ujung Loe sebanyak 563
6. Bulukumpa sebanyak 796
7. Herlang sebanyak 396
8. Kajang sebanyak 787
9. Bonto Bahari sebanyak 164
10. Bonto Tiro sebanyak 547

APK yang ditertibkan ini bervariasi mulai dari Jenis Poster, Baliho, Spanduk, Banner dan Umbul-umbul, APK yang ditertibkan tersebut tidak dirusak, melainkan hanya ditertibkan saja.

Sehingga para Caleg yang APKnya ditertibkan masih bisa diambil untuk dipindahkan di tempat yang telah ditetapkan oleh KPU tutup Abdul Rahman.

Iwan Taruna