Caleg Anak Pejabat di Bone Ditantang Adu Gagasan dalam Debat Publik

Ilustrasi.

BONEPOS.COM, BONE - Calon Anggota Legilatif (Caleg) DPRD Kabupaten Bone yang berasal dari kalangan anak pejabat ditantang untuk adu gagasan dalam diskusi publik yang di gelar oleh sejumlah pemuda di Bone.

Diskusi publik yang akan menghadirkan caleg dari kalangan anak pejabat Bone itu, akan berlangsung di Cafe Magaya, jalan Ahmad Yani, Watampone, Sabtu 26 Januari 2019, besok siang.

"Selama ini, kapasitas anak pejabat diragukan dalam menjalankan kerja politik. Banyak sorotan terkait kemampuannya. Nah itu harus mereka jawab, apa gagasan mereka," kata Ketua Panitia Dialog, Alfian T Anugerah, Jumat, 25 Januari 2019.

Melalui dialog itu, Lanjut Alfian, diharapkan masyarakat bisa menilai, apakah caleg tersebut bisanya hanya berlindung dibalik ketiak orang tuanya atau memang mereka punya kapasitas personal.

"Selain itu, mereka juga harus tahu fungsi dan tugas anggota legislatif, mereka harus memahami kerja politik dari partai. Jangan sampai mereka ini hanya politisi karbitan yang mengandalkan orang tua mereka," ujar Alfian.

Dalam diskusi publik bertajuk caleg bicara "Menjawab keraguan Publik Tentang Caleg Anak Pejabat" ini kata Alfian, pihaknya mengundang sejumlah awak media, LSM, Ormas, OKP dan organisasi kemahasiswaan.

"Selain itu, sejumlah stockholder juga kami undang. Tujuannya hanya satu yaitu bersama-sama membangun daerah dalam wujudkan masyarakat bone yang kondusif dengan pelaksanaan pemilu yang sukses," jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Data Caleg Tetap (DCT) DPRD Kabupaten Bone pada Pemilu 2019, sedikitnya ada enam anak pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone, yang maju menjadi Caleg.

Mereka adalah, Caleg Golkar Bone, Ade Ferry Afrizal, putra Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle, kemudian di Partai Amanat Nasional (PAN) ada Andi Syahrul Ramadhan putra Sekretaris Daerah Bone Andi Surya Dharma.

Selanjutnya Andi Muhammad Wahyu, caleg Partai Demokrat, dia adalah putra Kepala Dinas Pendapatan Daerah Bone, Andi Herman Sampara, lalu Rismono Sarlim putra Kepala Dinas Pendidikan Bone, yang merupakan caleg petahan yang maju melalui partai Hanura.

Kemudian, ada juga Rangga Riswara putra Sekretaris Dewan DPRD Bone, M Ridwan, dimana Rangga maju maccaleg melalui partai PPP, lalu Andi Adinda Talita Sulaika Arsal putra Kepala Dinas Tanaman Pangan, Andi Arsal dari Demokrat.

Dari enam caleg anak pejabat yang maju bertarung, hanya Andi Adinda Talita yang bertarung di Dapil II (dua) Bone, sementara kelima caleg anak pejabat lainnya bertarung di Dapil "Neraka" yakni dapil I (Satu) Bone.

Ilham Iskandar