Hadiri Seminar Penyalahgunaan Narkoba di Makassar, Danny Paparkan Strateginya Berantas Narkoba

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohamamd Ramdhan 'Danny' Pomanto menjadi narasumber dalam seminar Sosialisasi Mencegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba Bersama Komponen Bangsa yang digelar di Kodim 1408/DS, Jalan Lanto Daeng Pasewang Makassar, Kamis 31 Januari 2019.

Danny menyampaikan pandangan-pandangannya terkait bahaya pengedaran narkoba khususnya di Kota Makassar. Menurut Danny, peredaran narkoba saat ini menyasar kepada para remaja yang cenderung bergaya hidup hedonis. Selain itu, Danny menyebut, narkoba menjangkiti remaja yang kurang mendapat perhatian dari kedua orang tuanya.

"Narkoba menjangkiti orang-orang yang berada dalam kehidupan hedonis dan kurang perhatian orang tua. Oleh itu ini jadi perhatian kita bersama," ujar Danny.

Lanjut Danny, pihaknya telah mencanangkan program Jagai Anakta yang berfokus mengedukasi orang tua agar lebih perhatian dan menerapkan upaya preventif mencegah anak anaknya ke dalam kehidupan bebas. Kehidupan bebas, kata Danny, cenderung mengakibatkan remaja melakukan perbuatan-perbuatan yang menjurus kenakalan remaja salah satunya mengkonsumsi narkoba.

"Kalau seluruh keluarga membekali anaknya dengan pengetahuan agama, serta bahaya narkoba saya yakin penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja akan menurun," tutur Danny.

Tak hanya dengan program Jagai Anakta, Danny mengakui saat ini dirinya segera mungkin mengeluarkan SK dan Memory Out Standing (MoU) kepada penasehat Wali Kota agar bergerak menjadi sensor sosial di tengah-tengah masyarakat terutama masalah pencegahan narkoba.

"Kita punya struktur di bawah namanya LPM dan penasehat wali kota, ini menjadi sensor sosial terkait masalah narkoba. Saya minta semuanya bersinergi bekerjasama," imbuh Danny.

Di akhir pemaparannya, Danny juga menyoroti tentang peranan pemanfaatan teknologi untuk mencegah peredaran narkoba di kota Makassar.

Danny mengatakan, Makassar sebagai kota metropolitan yang didalamnya terdapat segala macam kejahatan, perlu adanya pemantauan secara intensif dengan menggunakan teknologi seperti pemasangan CCTV di sudut-sudut kota.

"Narkoba ini by design, jangan dipikir dadakan. Narkoba ini sekarang bisa dipesan lewat online juga. Makanya pemanfaatan teknologi harus kita maksimalkan," kunci Danny.

Turut hadir dalam seminar ini, perwakilan Polrestabes Makassar, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel, perwakilan KNPI Sulsel, dan beberapa siswa SMA kota Makassar.

Ahmad Rusli