Ahok Keluar, Gantian Buni Yani Divonis Hukuman 1,5 Tahun Penjara

BONEPOS.COM - Terpidana Kasus pelanggaran Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Buni Yani dibawa ke Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (1/2/2019) sekitar pukul 20.15 WIB.

Sebelumnya, Buni Yani didampingi tim kuasa hukum menyerahkan diri ke Kejari Depok. Buni yang dijerat pasal ujaran kebencian itu menyerahkan diri dengan didampingi tim kuasa hukum.

Melansir dari halaman VIVA, Buni tiba di Kejari Depok, sekitar pukul 19.30 WIB. Ia datang dengan mobil Pajero hitam nomor polisi B 1983 FJV. Kemudian, tim kuasa hukum hadir dengan mobil berbeda.

Mengenakan baju koko putih, ia irit bicara kepada awak media. "Saya sehat, saya baik-baik saja," kata Buni kepada wartawan.

Buni Yani divonis Pengadilan Negeri Bandung 1,5 tahun penjara pada November 2017. Buni divonis terkait tuduhan melanggar Pasal 32 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Buni dinyatakan bersalah karena mengubah dan menghilangkan kata pakai dalam video pidato Ahok saat di Kepulauan Seribu, September 2016 lalu. Pengubahan ini membuat Buni dianggap menambahkan narasi provokatif.

Tak terima dengan vonis tersebut, Buni sempat mengajukan kasasi ke MA. Namun, MA menolak kasasi tersebut.

Editor : Nur Atika Pratiwi