Antisipasi Kerawanan Konflik, Korem 141/Tp Gelar Latihan PAM Pemilu

Jajaran Korem 141 Toddopuli menggelar latihan pengamanan (PAM) Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. (BONEPOS.COM - SUGIANTO).

BONEPOS.COM, BONE - Jajaran Korem 141 Toddopuli menggelar latihan pengamanan (PAM) Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

Apel kesiapan latihan pengamanan Pemilu tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 141/Tp Kolonel Inf. Suwarno S.A.P di Lapangan Apel Makorem 141 Toddopuli Jl Jenderal Sudirman Kota Watampone, Selasa 5 Februari 2019 Pukul 08.00 Wita. Apel diikuti oleh personel Korem 141/Tp, Kodim 1407/Bone dan Balak Rem 141/Tp.

Danrem 141 Toddopuli Kolonel Inf. Suwarno dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan penyelenggara dan peserta mengikuti latihan pengamanan pemilihan umum legislatif dan presiden.

"Ini bertujuan agar sasaran latihan dapat tercapai sesuai rencana yang telah ditetapkan," harapnya.

Selain itu lanjutnya, untuk menyukseskan pesta demokrasi pada tahun ini perlu mengantisipasi segala bentuk potensi ancaman dan kerawanan yang dapat terjadi oleh oknum atau kelompok tertentu.

Hal tersebut tentu dapat mempengaruhi kelancaran atau bahkan bisa menggagalkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang dijadwalkan pada tanggal 17 April 2019.

Danrem berharap dengan diselenggarakannya latihan ini Prajurit Korem 141 Toddopuli dan Kodim 1407/Bone dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda maupun Polri sehingga pemilu berlangsung aman tertib dan kondusif.

Materi yang dilatihkan diantaranya, komunikasi sosial dan pembinaan ketahanan wilayah, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, pengamanan obyek vital, prosedur pengerahan pasukan untuk melaksanakan pengamanan pemilu, komunikasi dan informasi serta aplikasi pengawasan pemilu.

Sugianto Warium