Ikan Paus Berbobot Satu Ton Tersangkut Jaring Nelayan di Sinjai

Seekor ikan paus dalam keadaan mati, tersangkut jaring nelayan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa pagi 5 Februari 2019, sekira pukul 07.00 wita. (BONEPOS.COM - SUPARMAN WARIUM).

BONEPOS.COM, SINJAI - Seekor ikan paus dalam keadaan mati, tersangkut jaring nelayan di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa pagi 5 Februari 2019, sekira pukul 07.00 wita.

Ikan yang diperkirakan berbobot satu ton dengan panjang lima meter itu ditemukan oleh Sadar bin Retti 35 tahun, waega Lingkungan Talibunging, kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

Saat ditemukan, kondisi ikat tersebut sudah mati. Diduga kondisi ikan tersebut sedang sakit dan untuk menghindari arus laut ikan menepi lantas tersangkut jaring nelayan.

Agar tidak membusuk di tengah laui, ikan tersebut akhirnya ditarik ke muara sungai Larea Rea, Sinjai dengan menggunakan 4 buah perahu nelayan.

Kadis Perikanan Kabupaten Sinjai, H.Sultan Tare yang dihubungi bonepos.com, membenarkan adanya ikan jenis paus yang ditemukan oleh nelayan itu.

"Terkait ikan yang terdampar di perairan teluk bone itu, sesuai informasi dan foto yang saya dapatkan, jenis ikan itu adalah Paus," ungkap Sultan.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, kondisi tubuh dari ikan tersebut sudah tidak utuh lagi, sejumlah warga nampak membelah ikan tersebut untuk dievakuasi ke daratan.

Suparman Warium