Bentrok, Kantor KPU Sinjai Diamuk Massa

BONEPOS.COM, SINJAI - Puluhan Masyarakat yang "menggempur" kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sinjai, Jumat pagi, 8 Februari 2019, menuntut agar KPU Sinjai sebagai penyelenggara Pemilu, tetap netral, jujur, adil dan transparan.

Puluhan personil dari Kodim 1424 Sinjai bersama jajaran Polres Sinjai serta personil Damkar dilengkapi armada 1 unit, diturunkan langsung ke lokasi TKP untuk mengamankan situasi dari amukan massa yang mulai "beringas".

Kejadian bentrok ini, diperagakan dalam kegiatan Simulasi pengamanan Pemilu Legeslatif dan Presiden di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Sinjai.

Sebelumnya, Komandan Kodim 1424 Sinjai, Letkol Inf Oo Sahrojat telah memimpin kegiatan apel pembukaan latihan pengamanan Pemilu, Legeslatif dan Presiden, di halaman kantor Kodim 1424 Sinjai beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan apel itu, Oo Sahrojat menyampaikan kepada seluruh personil TNI-Polri yang hadir, bahwa pelatihan untuk pengamanan Pemilu tersebut, akan digelar selama 4 hari.

Letkol Inf Oo Sahrojat juga menjelaskan bahwa pada pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya tidak berdiri sendiri, melainkan secara bersama-sama dengan Polres Sinjai, KPU serta Bawaslu Kabupaten Sinjai.

"Simulasi ini tujuannya untuk melatih kemampuan dan kesiapsiagaan satuan personil Kodim 1424 Sinjai bersama personil Polres Sinjai dalam mengantisipasi setiap ancaman yang dimungkinkan dapat terjadi di wilayah Kabupaten Sinjai," ungkap Oo.

Kapolres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi, AKBP Sebpril Sesa, yang dikonfirmasi bonepos.com, memberi apresiasi kepada pihak Kodim 1424 Sinjai dan jajaran Polres Sinjai yang sudah melaksanakan kegiatan Simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres secara maksimal.

Menurut Sebpril Sesa bahwa dalam peragaan Simulasi ini, seolah-olah ada sekelompok massa yang datang ke kantor KPU. Sehingga dalam ilustrasinya, seakan terjadi tindakan anarkis dan pengrusakan yang dilakukan oleh sekelompok massa tersebut.

"Saya betul-betul sangat mengapresiasi teman-teman dari Kodim 1424 Sinjai dan personil Polres Sinjai yang sudah melaksanakan kegiatan Simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres secara maksimal. Latihan ini sangat penting, agar nanti pada saat pelaksanaannya, personil TNI-Polri sudah tidak bingung dan tidak melanggar SOP yang sudah kita buat, serta tidak ada lagi kesalahan prosedural di lapangan," kata Sebpril Sesa.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua KPU Sinjai, Muhammad Naim, bahwa ia sangat berterima kasih kepada bapak Dandim Sinjai beserta bapak Kapolres Sinjai, yang telah menggelar pelaksanaan Simulasi pengamanan Pemilu Pileg dan Pilpres di depan kantor KPU Sinjai.

"Saya sangat berterima kasih kepada pak Dandim bersama personilnya, begitu pun dengan pak Kapolres Sinjai bersama personilnya, dimana beliau telah melaksanakan kegiatan Simulasi pengamanan Pemilu Pileg dan Pilpres di depan kanror KPU.
Alhamdulillah, kegiatan Simulasi ini berjalan dengan baik dan lancar, dan semoga dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan damai," ungkap Muhammad Naim.

Suparman Warium