Miris, Murid MI Darussalam Belajar di Gedung Sekolah yang rusak parah

BONEPOS.COM, BONE - Puluhan murid Madrasah Ibtidayah (MI) Darul Salam yang berlokasi Calangka Desa Patimpeng Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, kini belajar di gedung yang nyaris roboh akibat atap gedung dan tiang peyangganya rusak dimakan usia.

"Benar, gedung belajar yang ada ini mau roboh," kata Kepala MI Darul Salam, A. Arsyad,S.Pd.I, kepada Bonepos.com rabu,(13/2/19).

Arsyad mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkali-kali mengajukan permohonan perbaikan instansi terkait, namun hingga kini belum juga diperbaiki.

"Kami sudah buat proposal dan diserahkan ke instansi terkait, namun belum ada jawaban, jadi kami tunggulah," ujarnya.

Kerusakan parah bagian dinding gedung sekolah tersebut sudah terjadi sejak lama. Saat itu, dinding yang terbuat dari papan rusak dan menjadi terlepas sehingga anak-anak tidak belajar dengan tenang. Karena angin masuk diruangan kelas.

"Untung kejadian itu di luar jam sekolah, sehingga para murid tidak ada yang terkena patahan kayu," katanya.

Arsyad, menjelaskan, seharusnya dengan kondisi bangunan yang rusak itu, bisa menjadi perhatian penuh pemerintah karena keberadaan sarana pendidikan itu merupakan wadah membina masa depan anak bangsa.

Harapannya Instansi terkait harus lebih proaktif memantau kondisi infrastruktur dan fasilitas seluruh sekolah di daerah ini.

Dia mengakui, walaupun kondisi kelas yang digunakan para siswanya dinilai sudah tak layak seperti itu, mau tidak mau proses belajar mengajar harus tetap dijalankan agar siswa tidak ketinggalan pelajaran.

"Gimana lagi, mau tak mau saya dan murid masih memakai ruangan kelas yang terdapat tiga ruang kelas ini, karena pihak sekolah tidak memiliki ruang lain untuk kami tempati," katanya.

Amry Amas