Gubernur Sulsel Lantik Bupati-Wakil Bupati Wajo dan Luwu

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah melakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wajo serta Bupati dan Wakil Bupati Luwu Masa Jabatan 2019-2024 di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jum’at (15/2).

Pasangan Amran Mahmud – Amran dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Wajo, sementara pasangan Basmin Mattayang – Syukur Bijak dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Luwu.

Sebagai Bupati-Wakil Bupati mereka diharapkan dapat berlaku seadil-adilnya dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya.

“Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya,” kata Nurdin Abdullah.

Sementara dalam arahannya, Nurdin menyampaikan mereka yang terpilih adalah pemimpin yang berpengalaman. Seperti diketahui, Basmin Mattayang mengakhiri jabatan sebagai Bupati Luwu 10 tahun lalu, sementara Syukur Bijak juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Luwu 5 tahun lalu. Demikian pula di Wajo, dimana Amran Mahmud lima tahun lalu sebagai Wakil Bupati Wajo dan didampingi oleh Wakil Bupati saat ini dari latar belakang pengusaha.

“Saya mewakili masyarakat menyampaikan selamat kepada Bupati, Wakil Bupati Wajo dan Luwu, istri dan keluarga,” sebut Nurdin Abdullah.

Dalam kesempatan ini, Nurdin juga menyampaikan beberapa hal. Di bidang pendidikan, salah satunya terkait rencana pengangkatan kepala cabang dinas dengan berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masing. Hal Ini dalam rangka membangun sinergi bersama. Selanjutnya, SKPD sebagai leading sektor utama jika ada program provinsi masuk ke daerah yang belum tentu menjadi program daerah bersangkutan.

"Saya yakin banyak usulan masyarakat. Ini tentu butuh sinergi dan kemitraan untuk diselesaikan. Dari hari ke hari memberikan perhatian, bahwa teman-teman di Pemprov untuk komunikasi dengan teman-teman pimpinan daerah,” ujarnya.

Menurut Nurdin, daerah harus diberdayakan, apalagi dengan adanya lonjakan Bantuan Keuangan Daerah yang diberikan dalam jumlah cukup besar. Untuk tahun ini, bantuan daerah mencapai angka Rp.300 Miliar.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah kepala daerah ini, turut hadir Wakil Gubernur Sulsel, Walikota Palopo, Walikota Makassar, Bupati Luwu Utara, Bupati Gowa, Wakil Walikota Parepare, Anggota DPR RI, anggota DPD RI, Ketua DPRD Sulsel dan Forkopimda.

Ahmad Rusli