Hadapi Pemilu 2019, Bawaslu Latih Panwaslu Kecamatan

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Badan Pengawas Pemilihan Umum Bulukumba kembali laksanakan Pelatihan Penanganan temuan dan Laporan pada Pemilu 2019 yang diikuti oleh Panwaslu Kecamatan serta Staf Sekretariat Panwaslu yang berjumlah 40 orang.

Tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggara pemilu dalam penanganan pelanggaran pemilu 2019. Kegiatan ini berjalan selama 2 hari yakni 15 - 16 Februari 2019 di Hotel Agri Bulukumba.

Panwaslu Kecamatan sebagaimana dalam UU No 7 thn 2017 pasal 106, punya kewenangan memeriksa, mengkaji pelanggaran pemilu di wilayah kecamatan serta merekomendasikan hasil pemeriksaan dan pengkajian nya kepada pihak pihak diatur dalam UU Pemilu.

Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Azry Yusuf, SH, MH, mengatakan bahwa Pengawas Pemilu pada tingkat Kecamatan juga memiliki kewenangan dalam menangani temuan serta laporan yang diduga sebuah pelanggaran Pemilu.

"Pengawas Pemilu tingkat kecamatan memiliki kewenangan dalam penanganan temuan dan laporan dugaan pelanggaran pemilu sehingga penting dan wajib memahami proses penanganan pelanggaran baik sumbernya temuan maupun laporan,"ungkap Azry Yusuf

Iwan Taruna