Kartu Nama ‘Anti Tilang’ Milik Caleg di Bone Ini Viral di Medsos

BONEPOS.COM, BONE - Video kampanye Caleg DPRD Sulsel dari Daerah Pemilihan (Dapil 7) Kabupaten Bone, AKBP (Purn) Andi Sudarman yang saat itu tengah mensosialisasikan kartu nama yang di klaim bebas tilang kepada calon pemilih di Kabupaten Bone viral di media sosial.

Dalam video yang berdurasi Dua Menit lebih itu, Udi selaku juru Kampanye Caleg PKS tersebut mengungkapkan bahwa ketika ada warga yang terjaring razia atau sweeping di wilayah Bone dan Sinjai, bisa bebas hanya dengan meperlihatkan kartu nama pensiunan Polisi itu.

"Ini kartu namanya Petta Haji, puang, apabila ada sweeping daerah Sinjai dan Bone, ada pelanggaran kita, antara lain lupa surat-surat, lampus setop padam, lampu sein padam, perlihatkan kartu nama ini kepada polisi," kata Udi yang diungkapkan melalui bahasa Bugis dan Indonesia.

Lanjut, dalam video tersebut, juga dijelaskan kenapa kartu nama tersebut jadi "sakti" saat sweeping, hal itu karena Andi Sudarman ternyata diduga telah meminta kepada Kasatlantas Polres Bone dan Polres Sinjai agar tidak menilang pengendara pemegang kartu nama miliknya.

"Petta Haji sudah telepon Kasatlantas Polres Sinjai dan Polres Bone, kalau yang punya ini kartu nama berarti pendukungnya AKBP (Purn) Haji Andi Sudarman. Insya Allah tidak dipersulit (saat sweeping). Kalau dipersulit, langsung telepon Petta Haji," ungkapnya.

Pembagian kartu nama sakti bebas tilang itu menurut jurkam Andi Sudarman, merupakan komitmen Caleg nomor urut 2 itu untuk membuktikan jika dirinya masih punya pengaruh untuk mengintervensi penegakan hukum ketika tidak lagi menjabat di institusi penegak hukum.

"Kita memang punya komitmen bahwa seperti kata Petta Haji tadi 'Walaupun saya pensiun, tapi saya masih punya pengaruh'. Ini di bawah yang masih menjabat masih junior-junior saya. Seperti itu hierarkinya kalau di kepolisian," tuturnya.

Tidak hanya itu, Jurkam tersebut juga mengakatan bahwa ketika kartu nama itu tidak terbukti sakti saat sweeping, dirinya meminta kepada pemegang kartu nama kelak tidak usah mencoblos nama AKBP (Purn) Andi Sudarman dibilik suara.

"Ini bukan kartu nama bohongan. Mungkin anggapan kita kalau banyak kartu nama caleg bertebaran, tapi beda dengan kartu nama ini. Coba buktikan kalau sweeping, perlihatkan kartu nama caleg lain. Kalau anda tidak ditilang, tidak usah pilih Petta Suda (Andi Sudarman)," kata juru kampanye untuk meyakinkan masyarakat

Untuk diketahui Andi Sudarman merupakan mantan Kasat Patroli Jaya Raya (PJR) pada Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel dan mantan Kasubdit Provos Bid Propam Polda Sulsel. Pensiun dari Kepolisian, Andi Sudarman memilih untuk maju menjadi caleg.

Penulis: Iwan Taruna