Korban Dugaan Malpraktek Dokter Gadungan di Bone Terus Bertambah

EM dan RN saat menjalani pemeriksaan di unit Tipikor Polres Bone, Selasa 19 Februari 2019 malam. (BONEPOS.COM - ILHAM ISKANDAR).

BONEPOS.COM, BONE - Korban dugaan malpraktek seorang dokter gadungan asal negeri jiran Malaysia di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan terus bertambah.

Berdasarkan data yang dihimpun Bonepos.com, setidaknya sudah ada 9 orang warga yang mengaku telah menjadi pasien dari dokter gadungan berinisial EM itu.

Adapun identitas korban yakni, HB, SI, AT, LI, IN, AM, CC, HR dan HI. Korban dokter gadungan berparas cantik ini rata-rata adalah perempuan.

Kanit Tipiter Polres Bone, Iptu Jamaluddin, yang ditemui Bonepos.com di Mapolres Bone mengatakan, bahwa hingga saat ini pihaknya telah memeriksa 6 orang saksi korban.

"Sejauh ini baru 1 orang yang melapor, sedangkan saksi yang juga merupakan korban sebanyak 5 orang," kata Jamaluddin, Rabu 20 Februari 2019.

Sementara itu, salah seorang korban, LI menuturkan bahwa, dirinya mengeluarkan uang sebesar Rp 3 juta untuk mendapatkan perawatan wajah dari EM.

"Saya bayar Rp 3 juta untuk perawatan wajah, dan setelah itu saya disuntik sebanyak 6 kali pada bagian wajah, tidak ada perubahan yang ada malah wajah saya bengkak," kata LI.

Dijelaskan LI, tarif perawatan wajah yang dipatok oleh EM bervariasi, mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 15 juta, tergantung dari jenis perawatannya.

Hingga berita ini diturunkan, EM bersama para asistennya masih menjalani proses pemeriksaan di Mapolres Bone.

Atas perbuatannya, EM terncam dijerat pasal 78 UU nomor 29 tahun 2004, tentang praktik kedokteran dan Pasal 197 UU nomor 39 tahun 2009, tentang kesehatan serta pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Ilham Iskandar