USBN-UNBK 2019, Sekolah di Bone Siapkan Aplikasi Khusus

BONEPOS.COM, BONE - Dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Nasional Berstandar Komputer (UNBK) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun 2019, seluruh UPT SMA dan SMK di Kab. Bone akan mempersiapkan penggunaan Aplikasi khusus untuk ujian mandiri (Bimasoft).

Kepala UPTD Pendidikan Wilayah 3 Sulawesi Selatan Andi Syamsu Alam mengatakan, penggunaan aplikasi ini sebagaimana anjuran Dinas Pendidikan Sulsel dalam rangka persiapan penyelenggaraan ujian berbasis komputer.

"Sesuai anjuran dari Provinsi, semua sekolah harus basis komputer sehinggga aplikasi ini dianggap sangat efektif digunakan untuk USBN, UNBK dan ulangan semester," ungkapnya, Rabu, 20 Februari 2019.

Selain itu A. Syamsu Alam yang akrab disapa Andi Ancu itu menjelaskan melalui Aplikasi ini sekolah sudah bisa menghemat biaya.

"Dulu, penggandaan soal itu habiskan biaya hingga puluhan juta, kita bandingkan Aplikasi ini hanya Rp 1 Juta," ungkapnya.

"Aplikasi ini juga sudah efisiensi tenaga, biaya dan menjamin elektabilitas kejujuran siswa," tambah A Syamsu Alam.

Dalam persiapan pelaksanaan USBN dan UNBK itu telah dilakukan pelatihan Proktor dan Teknisi UNBK dan USBN bertempat di Aula SMKN 1 Bone, Selasa kemarin.

Kegiatan tersebut diikuti 86 sekolah SMA dan SMK Negeri dan Swasta sederajat se Kabupaten Bone.

Sugianto Warium