Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP, Sirkuit Mandalika di Bangun Tahun Ini

Diungkapkan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, Sirkuit Mandalika akan merupakan sirkuit jalan raya. Sampai musim ini, belum ada tuan rumah MotoGP yang memakai sirkuit jalan raya.

Dalam layout desain sirkuit yang diterima detikSport, dijelaskan kalau Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Beberapa sirkuit MotoGP yang arah putarannya berkebalikan dengan jarum jam adalah Austin, Aragon, dan Phillip Island.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Sebelum penunjukkan kawasan Mandalika, Carmelo Ezpelata (Bos Dorna) sudah mengunjungi lokasi tersebut pada akhir 2018 lalu. Menggunakan konsep sirkuit jalanan, arena lomba MotoGP di Mandalika kabarnya akan mulai dibangun pada Oktober 2019. Indonesia sendiri mengklaim telah menandatangani kontrak kerja sama dengan pihak promotor MotoGP, Dorna.

Editor : Nur Atika Pratiwi