15 Camat se Makassar Diperiksa Bawaslu Sulsel

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Video viral dukungan Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama 15 Camat se Kota Makassar kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Indonesia nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang beredar di media sosial sejak Rabu 20 Februari 2019 berbuntut panjang. Pasalnya, Partai Gerindra Sulsel telah melaporkan SYL dan 15 camat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel dengan tuduhan politik praktis Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kamis 21 Februari 2019.

Selang sehari, pada Jumat 22 Februari kemarin, ke 15 camat memenuhi panggilan pemeriksaan Bawaslu Sulsel. Ke 15 Camat datang hampir bersamaan usai Shalat Jumat.

Komisioner Divisi Hukum, Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulsel Azry Yusuf, mengatakan, pihaknya telah melakukan klarifikasi selanjutnya melakukan kajian dan akan menentukan seperti apa fakta dan rekomendasi yang dikeluarkan Bawaslu Sulsel.

Terkait dengan pemanggilan mantan Gubernur SYL, Azry mengatakan akan segera memanggil SYL untuk dimintai keterangan beberapa hari setelah mendapatkan keterangan 15 camat yang diperiksa hari ini.

"Kami Bawaslu Sulsel sedang melakukan pendalaman-pendalaman dari para camat dan menyelidiki valid atau tidaknya video viral yang beredar," ungkapnya kepada bonepos.com, Sabtu 23 Februari 2019.

Bawaslu, ditegaskan Azry, menerima tiga laporan terkait video dukungan camat terhadap Jokowi-Amin. Bawaslu, berdasarkan ketentuan, wajib menindaklanjuti laporan tersebut.

Azry menyebut Bawaslu punya waktu 14 hari melakukan penanganan laporan. Keterangan para terperiksa juga akan diplenokan.

"Berkaitan dengan rekomendasi kami ke KemenPAN-RB dan Komisi Aparatur Sipil Negara, itu sudah menjadi standar bagi kami untuk meneruskan itu terkait dengan pelanggaran hukum lainnya. Kami akan melakukan kajian dan kami akan menentukan seperti apa faktanya dan seperti apa rekomendasi," ujar Azry.

Adapun ke 15 camat diperiksa hingga malam hari tepatnya pada pukul 23.00 wita.

15 Camat yang dimaksud yaitu:

1. Camat Panakukang Andi Pangerang Nur Akbar

2. Camat Mariso Juliaman

3. Camat Wajo Aulia Arsyad

4. Camat Makassar Alamsyah Sahabuddin

5. Camat Sangkarrang Akbar Yusuf

6. Camat Tamalanrea Muhammad Rheza

7. Camat Manggala Andi Fadly

8. Camat Tamalate Fahyuddin Yusuf

9. Camat Tallo H Rully

10. Camat Mamajang Edward Supriawan

11. Camat Ujung Tanah Ibrahim Chaidar

12. Camat Ujung Pandang Andi Patiware

13. Camat Biringkanaya Mahyuddin

14. Camat Rappocini Suryadi Perdana Putra

15. Camat Bontoala Arman Nurdin.

Ahmad Rusli