Drs Widiyanto : Penghargaan Bupati Sinjai Terhadap Perpustakaan dan Literasi, Sangat Luar Biasa

BONEPOS.COM, SINJAI - Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tema "Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial", Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menyambut baik kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca untuk Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi Dan Kabupaten/Kota Tahun 2019 tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai, Selasa, (26/02).

Kepala Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI, DRS.Widiyanto, mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan suatu hal yang langka. Menurutnya, hampir tidak ada daerah yang menjadikan kegiatan peningkatan minat dan budaya sebagai pengisi dalam rangkaian peringatan hari jadi daerah.

"ini sangat langka, hampir tidak ada daerah yang menjadikan kegiatan peningkatan minat dan budaya sebagai pengisi dalam rangkaian peringatan hari jadi daerah. Penghargaan Bupati Sinjai beserta jajaran terhadap perpustakaan dan literasi, merupakan hal yang luar biasa," jelas Widiyanto.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Sinjai, La Baba Faisal, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari promosi perpustakaan dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar sepanjang masa.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari promosi perpustakaan dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar sepanjang masa. Dimana eksistensi perpustakaan diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat baca masyarakat," ungkap La Baba Faisal.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa mengatakan bahwa talk show ini adalah momen yang sangat strategis. Saat ini, generasi milenial wajib meningkatkan minat bacanya. Terkhusus kepada aparatur sipil negara (ASN) juga perlu meluangkan waktu berkunjung ke perpustakaan daerah. ASN harus rajin menambah referensi bacaan guna meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

"Saat ini, generasi milenial wajib meningkatkan minat bacanya. Terkhusus kepada aparatur sipil negara (ASN), juga perlu meluangkan waktu berkunjung ke perpustakaan daerah.
Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai saat ini punya taman baca yang dilengkapi dengan cafe, tanpa biaya sewa buku, gratis untuk semua pengunjung," kata Andi Seto.

Pada kesempatan tersebut, Andi Seto Gadhista Asapa juga mengukuhkan Ketua TP.PKK Kabupaten Sinjai,Hj.Andi Nurhilda Daramata Seto sebagai Bunda Baca Kabupaten Sinjai. Beliau menitipkan harapan agar Bunda Baca Kabupaten Sinjai menjadi figur yang dapat memberikan inspirasi serta membangkitkan motivasi masyarakat dalam peningkatan minat baca.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI, Plt.Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sul-Sel, Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, Para Forkopimda, Sekretaris Daerah, Para Kepala OPD, Para Kabag Setdakab Sinjai serta diikuti oleh para petugas perpustakaan sekolah se-Kabupaten Sinjai. (*)