Pangdam XIV/HSN Pastikan TNI Netral Dalam Pemilu

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Panglima Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Surawahadi,S.I.P.,M.Si kembali menegaskan keyakinannya tentang Sikap TNI dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden akan netral dari pegelaran pesta demokrasi tersebut.

Hal ini disampaikan Pangdam saat menjadi pembicara pada kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar (26/02).

"Saya pastikan TNI netral dalam Pemilu, dan hal ini telah disampaikan saat Rapat Koordinasi Teknis TNI baik di tingkat pusat maupun di tingkat Kodam. Netral TNI sudah menjadi perintah dari Panglima TNI" tegas Pangdam.

Ditambahkan pula bahwa sikap TNI yang netral bukan berarti tentara itu diam. Netral di TNI yaitu mengawasi dan memonitor pelaksanaan Pemilu, mengawasi berbagai kecurangan dan akan disampaikan ke Bawaslu.

"TNI pastikan semua rakyat berhak mendapatkan kemerdekaan memilih, TNI tidak akan diam dan membiarkan berbagai kecurangan" kata Panglima.

Dalam penyelenggaraan Pemilu, Pangdam menegaskan bahwa TNI akan mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu. TNI akan selalu siap, termasuk dalam pendistribusian logistik pemilu (kotak suara dan surat suara) ke wilayah-wilayah terpencil sekalipun.

Selain itu, pelibatan TNI akan selalu mengikuti dan menaati prosedur yang telah ditentukan.
ketentuan jarak paling dekat anggota TNI dengan TPS sejauh 50 meter akan tetap dipedomani dan dipatuhi. Setiap Kodim sudah punya Prosesur Tetap (Protap) pengamanan TPS yang sudah dilatihkan dan diuji.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Sulsel,
Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Selatan, perwakilan Budayawan Sulsel dan para
Akademisi dari beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Makassar.

Ahmad Rusli