Divonis Hakim, Caleg Gerindra Bone Ini Terancam Dicoret

Wakil Ketua DPRD Bone, Hj Andi Samsidar Ishak (BONEPOS.COM - IST).

BONEPOS.COM, BONE - Wakil Ketua DPRD Bone, yang juga Caleg Partai Gerindra Hj Andi Samsidar Ishak terancam dicoret oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dari keikutsertaannya sebagai Caleg.

Hal itu menyusul vonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Bone atas pelanggaran Pemilu yang dilakukan politisi Partai berlambang garuda itu.

Ketua KPU Bone, Izharul Haq menjelaskan, jika vonis yang dijatuhkan terhadap Samsidar sudah inkra maka calon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) untuk mengikuti Pileg.

"Kalau statusnya sudah inkra berarti pencalegkan yang bersangkutan akan dinyatakan TMS. Namun saat ini kan masih dilakukan upaya banding," ungkap Izharul, Rabu, 27 Februari 2019.

Komisioner KPU Bone dua periode ini menjelaskan, jika salinan putusan hukum tetapnya sudah diterima, maka KPU akan mengumumkan di dapil bahwa yang bersangkutan dinyatakan TMS.

Seperti diberitakan sebelumnya, hakim Pengadilan Negeri Watampone, Hakim Ketua Surachmat SH MH menjatuhkan vonis kepada Samsidar selama tiga bulan dengan masa percobaan lima bulan.

Menurut majelis Hakim, Samsidar terbukti melanggar undang-undang pemilu dimana dia dengan sengaja telah menggunakan fasilitas negara dalam berkampanye.

Samsidar menggunakan Mobil Dinas-nya saat menghadiri kampanye Calon Wakil Presiden RI, Sandiaga Uno, di lapangan Persibo Bone beberapa waktu lalu.

Pasca putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim, kuasa hukum Samsidar, yakni Ali Imran, SH, mengatakan bahwa kliennya masih pikir-pikir apakah akan banding atau menerima putusan tersebut.