Timnas Indonesia U-22 Keluar Sebagai Juara Piala AFF 2019

BONEPOS.COM, Timnas Indonesia U-22 menjadi juara setelah mengalahkan Thailand di partai final Piala AFF U-22 2019, dengan skor 2-1 di Stadion Nasional, Phnom Phen, Kamboja, Selasa (26/2/2019).

Tim berjuluk Garuda Muda sempat tertinggal lebih dulu di awal babak kedua setelah tandukkan Saringkan Promsupa tak mampu dihentikan Awan Setho.

Namun keunggulan Thailand tak bertahan lama. Dua gol yang dilesakkan Sani Rizki Fauzi di menit 59 dan tandukkan Osvaldo Haay di menit 64 mengubur mimpi Thailand untuk meraih gelar juara.

Head of delegation Timnas Indonesia U-22 Iwan Budianto mengaku bersyukur atas juara yang berhasil diraih. Iwan yang juga menjabat Wakil ketua umum PSSI itu juga mengapresiasi perjuangan Andy Setyo dan kawan-kawan.

"Alhamdulillah kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena doa seluruh masyarakat terkabul dan timnas U-22 akhirnya menjadi juara. Exco dan semua pengurus PSSI mengapresiasi perjuangan pemain, pelatih, dan ofisial tim yang tidak kenal lelah sejak dari persiapan hingga menuju Kamboja," kata Iwan Budianto yang dikutip dari Suara.com

"Sekali lagi terima kasih kepada semua warga Indonesia, termasuk Bapak Presiden Jokowi, Menpora Imam Nahrawi dan semua suporter Indonesia atas doa dan dukungannya selama ini kepada timnas U-22. Mudah-mudahan prestasi ini menjadi pemantik bagi timnas di level senior untuk juga menjadi juara," tambahnya.

Perjalanan Indonesia di ajang Piala AFF U-22 2019 terbilang tidak terlalu mulus. Garuda Muda hanya mampu lolos dari babak penyisihan Grup B sebagai runner up di bawah Kamboja dengan perolehan lima poin yang diraih dari dua hasil imbang melawan Myanmar (1-1) dan Malaysia (2-2), dan satu kemenangan saat menghadapi tuan rumah Kamboja (2-0).

Di partai semifinal, Pasukan Merah Putih mendapat perlawanan sengit dari Vietnam. Namun, Indonesia mampu mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. Puncaknya, Indonesia berhasil menundukan juara bertahan Thailand dengan skor 2-1. Ini merupakan kemenangan perdana timnas Indonesia U-22 di ajang Piala AFF.

Editor : Nur Atika Pratiwi