Waspada, Ada Konten Ajakan Bunuh Diri di Youtube Anak

BONEPOS.COM, Sebuah video kartun di YouTube menampilkan instruksi untuk melakukan bunuh diri dan melukai diri sendiri (self-harming). Video bunuh diri ini bahkan ada dilayanan YouTube dan YouTube Kids.

Konten menyeramkan itu pertama kali ditemukan oleh seorang dokter anak dan ibu, Free Hess. Pemilik blog PediMom tersebut melaporkan temuannya kepada situs berita, Washington Post.

Dr Hess menceritakan, pada awalnya ia melihat konten kartun tersebut di YouTube Kids bersama sang putra. Namun setelah empat menit 45 detik, kartun berubah menjadi klip seorang pria yang menyerupai kepribadian dari Internet Joji atau Filthy Frank.

Di dalam video, sosok pria yang muncul lantas seperti berjalan ke arah layar dan menyimulasikan pemotongan pergelangan tangan.

“Video kemudian secara cepat kembali ke kartun. Saya benar-benar merasa terganggu. Sungguh memprihatinkan. Saya harus bertindak untuk melindungi keluarga,” tegas sang dokter.

Menurut Mirror, dikutip Bonepos.com pada Rabu (27/02/2019), ia segera menghapus aplikasi YouTube maupun YouTube Kids dari perangkat. Ia berjanji untuk selamanya tidak menginstalnya lagi.

Video khusus tersebut kabarnya telah dihapus dari YouTube Kids setelah dokter itu melapor ke layanan streaming milik Google ini. Namun, para orangtua mengaku masih menemukan beberapa kartun lain berisi konten serupa.

Juru bicara YouTube mengatakan, mereka berupaya membuat video di YouTube Kids menjadi ramah keluarga. Ia menghargai orang yang melaporkan konten bermasalah di platform.

“Kami memungkinkan siapapun untuk menandai video. Video yang ditandai secara manual akan kami tinjau setiap saat. Semua video yang tidak termasuk dalam aplikasi akan dihapus,” katanya.

Editor : Nur Atika Pratiwi