Badan Kesbangpol Makassar Bekali Pemuda dengan Pendidikan Politik

BONEPOS.COM, MAKASSAR - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar membekali kalangan muda dengan pendidikan politik. Pasalnya, partisipasi pemuda untuk mengambil peran dalam pemilu dinilai masih kurang.

”Kegiatan ini kami laksanakan untuk menumbuhkan kesadaran akan hak pemuda sekaligus memberi bekal pendidikan politik ,” kata Plt Kepala Badan Kesbangpol Makassar, Ahmad Narsum, di Hotel Wisata II UIT pada Selasa 5 Maret 2019.

Dalam rangka pendidikan politik, Ahmad Narsum mengaku sulit bila dilakukan secara keselurahan terhadap lapisan masyarakat, alasannya karena anggaran terbatas.

“Secara keseluruhan itu sulit karena anggaran terbatas, tetapi paling tidak ada perwakilan dari anak muda ini, Organisasi kepemudaan dan mahasiswa se-Makassar,” ujarnya kepada bonepos.com.

Kegiatan ini, kata Ahmad, untuk meningkatkan partisipasi Pemuda supaya terlibat aktif dalam memberikan hak suaranya dalam pemilu 2019. Selain itu, memberi bekal soal peran pemuda dalam memajukan demokrasi.

“Mendorong pemuda untuk menggerakkan lapisan masyarakat sekaligus terlibat dalam memberikan hak suaranya,” ungkap Ahmad.

Plt Badan Kesbangpol mengatakan tugas pemerintah kota adalah membangun seluruh komponen masyarakat agar tergerak dan mengambil peran dalam memajukan demokrasi di Indonesia.

Ia mengatakan Pemerintah Kota menargetkan untuk pemilu yang akan datang mencapai 75 persen.

“Target Pemerintah Kota untuk Pemilu 2019 sebanyak 75 persen,” pungkasnya.

Target itu, katanya, bukan tanpa pertimbangan. Ia menilai anak muda punya potensi luar biasa untuk memajukan kehidupan politik ke depannya.

Ahmad Rusli