Djaya Jumain Usulkan Ratusan Keluarga Tidak Mampu di Pallangga-Barombong Sebagai Penerima PKH

BONEPOS.COM, SUNGGUMINASA - Ketua Lembaga Perlindungan Hak-hak Sipil (LPHS) Makassar Djaya Jumain mengirimkan surat pengusulan agar ratusan kepala keluarga (KK) yang masuk kategori tidak mampu di Kecamatan Pallangga-Barombong agar dapat menjadi penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH).

"Ada ratusan KK yang kami ajukan agar bisa menjadi penerima manfaat dari program PKH ini. Indikatornya, kehidupan mereka yang masih jauh dari kategori layak," ujar Djaya Jumain usai mengirim surat ke Kementerian Sosial RI.

Selain mengirim surat ke Kementerian Sosial dengan melampirkan bukti kelayakan menjadi peserta PKH serta data keluarga, surat juga ditujukan ke Dinas Sosial Pemprov Sulsel dan Pemkab Gowa.

"Kami berharap ada langkah konkret dari pemerintah terkait pengusulan kami ini. Ini merupakan usulan,  terkait verifikasi dan penentuan masuknya nama kepala keluarga sebagai keluarga penerima manfaat adalah kewenangan pemerintah," urai Djaya Jumain yang merupakan Wakil Sekretaris Partai Gerindra Sulsel.

Lebih lanjut, aktivis antinarkoba ini menjelaskan, pengajuan usulan keluarga untuk menjadi peserta PKH ini dilakukan kareba aspirasi masyarakat. Banyak warga, khususnya di Kecamatan Pallangga dan Barombong yang mengeluhkan kalau kondisi kehidupannya lebih layak menerima bantuan sosial dari pemerintah.

"Saat ini kami hanya bisa sebatas mengusulkan atau mediasi agar nama yang diusulkan bisa menjadi perhatian dan kemudian ditindaklanjuti oleh instansi terkait," terang mantan wartawan senior Kompas TV ini.

Djaya Jumain berharap agar kedepannya program keluarga harapan dapat menyentuh seluruh masyarakat yang memenuhi syarat, sehingga program-program bantuan sosial betul-betul bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat.