TNI Gencar Sosialisasi Kawin Suntik ke Masyarakat, Ini Misinya

BONEPOS.COM, BONE- Satgas TMMD Ke- 104 Kodim 1407 Bone, yang selama ini fokus pada sasaran fisik, namun disisi lain ada hal yang menarik membuat masyarakat Desa Lallatang merasa senang dan termotivasi.

Hal tersebut adalah terkait manfaat Kawin Suntik atau mengawinkan Sapi dengan cara  Inseminasi Buatan (IB).

Cara itu diperkenalkan oleh Anggota Koramil 1407-14 Libureng Serda Tamiruddin dan Kopda Abd. Azis dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Lallatang, Kecamatan Dua Boccoe.

Kegiatan tersebut mendapat respon dari masyarakat  terutama yang memiliki Sapi betina, karena selama ini warga masih kesulitan mendapatkan Sapi pejantan yang unggul.

Selain dengan Inseminasi Buatan,  Sapi tersebut juga diberikan vaksin Vitamin Biodin, B Kompleks  dan Injekvit - B12 pada ternak yang pasca melahirkan atau Sapi yang kondisi kurus.

Dengan terbatasnya Sapi pejantan unggul itu menjadi persoalan pada usaha masyarakat dalam meningkatkan jumlah bibit sapi unggul untuk memenuhi peningkatan kesajahtraan perekonomian warga di Desa Lallatang.

Oleh karena itu, Dandim 1407 Bone Letkol Inf Mustamin, sebagai Dansatgas TMMD Ke - 104 Ta. 2019, Wilayah Kodim 1407 Bone, mengambil langkah untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Dandim,  mengatakan, kegiatan ini dilakukan karena melihat warga Desa Lallatang sudah banyak yang memiliki  Sapi. "Oleh sebab itu saya berinisiatif membantu masyarakat Desa Lallatang untuk meningkatkan produktivitas budidaya ternak Sapi melalui cara Kawin Suntik atau  Inseminasi (IB)  secara geratis," ungkap Mustamin, dalam rilisnya ke Bonepos.com Jumat 8 Maret 2019.

Bennu (65), salah seorang warga Desa Lallatang yang berpropesi sebagai peternak  sudah melaksanakan suntik kawin  Inseminasi Buatan (IB) dan Suntik Vitamin itu pada Sapi-Sapinya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Tentara yang  datang membangun Desa kami apalagi dengan adanya kegiatan Kawin Suntik untuk ternak Sapi di Desa Lallatang tentunya kami sangat senang," ungkapnya.

Sugianto Warium