Terobosan Baru Bapenda Sulsel, Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Indomaret

BONEPOS.COM, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel semakin memanjakan wajib pajak di Sulsel. Mulai Senin (11/3) masyarakat Sulsel dapat melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di seluruh Indomaret di Sulsel yang jumlahnya lebih dari 500 unit.

Peresmian pembayaran PKB di Indomaret ini digelar dengan penekanan tombol oleh Asisten Bidang Pemerintahan Salim AR bersama Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan, Dirlantas Polda Sulsel yang diwakili Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP Ferdiansyah, Kepala Cabang Sulawesi Selatan Jasa Raharja Jahja Joel Lami, Direktur Pemasaran Bank Sulsel Rosmala Arifin, dan Deputi Branch Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Santoro Sigit.

Salim yang mewakili Gubernur Sulsel mengatakan, pajak daerah merupakan sumber pembiayaan utama pembangunan di Sulsel. Pada tahun 2019 pajak daerah, termasuk PKB, ditargetkan sebesar Rp 3,6 triliun lebih atau 89 persen dari total pendapatana sli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp 4,133 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak, PKB memberi kontribusi terbesar dengan jumlah Rp 1,278 triliun lebih atau 35 persen dari total pajak daerah,” kata Salim.

Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan mengatakan, pembayaran PKB di Indomaret ini melengkapi layanan unggulan yang dibuat Bapenda Sulsel untuk memudahkan masyarakat Sulsel membayar pajak kendaraan antara lain samsat link, gerai samsat, e-payment, samsat keliling, drive thru, delivery order, melalui ATM, EDC, mobile banking, dan masih banyak lagi.

Denny menambahkan, pembayaran PKB tidak saja berhenti pada Indomaret namun akan dikembangkan ke minimarket lainnya yang tersebar di Sulsel.

“Wajib pajak harus mendownload aplikasi e-samsat di playstore atau app store untuk mendapatkan kode tranksaksi sebelum ke Indomaret,” kata Denny pada launching pembayaran PKB di Indomaret Boulevard, Senin (11/3/2019).

Ia menjelaskan, aplikasi e-samsat Sulsel dapat diunduh di play store dan app store. Lalu masukan data yang diminta seperti nomor kendaraan, NIK, email, nomor HP, dan nomor rangka untuk mendapatkan kode bayar.

Kode bayar inilah yang dibawa ke Indomaret untuk melakukan PKB. Selanjutnya masyarakat diberi waktu dua minggu ke samsat terdekat untuk mendapatkan notice pajak dan pengesahan STNK.

Deputi Branch Manager PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Santoro Sigit mengatakan launching pembayaran PKB Sulsel di Indomaret ini adalah yang kedua setelah Jawa Barat.

Peluncuran ini juga dihadiri Sekretaris Bapenda Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra, kepala bidang, serta Kepala UPT Bapenda Sulsel dari sejumlah daerah.

“Kami berharap pembayaran PKB melalui Indomaret ini dapat memudahkan masyarakat Sulsel karena Indomaret hadir di seluruh wilayah Sulsel yang jumlahnya lebih dari 500 gerai,” kata Santoro.

Pembayaran pajak melalui Indomaret ini digagas oleh Asisten Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR yang ketika itu menjabat sebagai Kepala Bapenda Sulsel.

Penulis:Ahmad Rusli