Inilah Jadwal dan Jenis Lomba Festival Buah di Sinjai

BONEPOS.COM, SINJAI - Panitia Festival Buah Sinjai (FBS) yang mengangkat tema "Buah Unggul dan Berdaya Saing", telah menyusun rangkaian kegiatan, baik dari teknis pelaksanaan acara maupun pada pelaksanaan kegiatan perlombaan pada ajang festival buah yang akan di gelar di Bikeru 1 Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, Yuhadi Samad mengatakan bahwa panitia FBS telah merancang beberapa rangakaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 23-24 Maret 2019.

Adapun rencana kegiatan lomba yang akan dilaksanakan antara lain, lomba kontes buah, dengan jenis buah yang dilombakan, adalah lomba durian ottong, lomba durian lokal, lomba buah rambutan, lomba buah naga, serta lomba buah manggis dan lomba buah langsat.

"Jadi, jenis lombanya yaitu lomba makan durian, lomba mengukir buah, lomba olahan buah menjadi panganan dan minuman, lomba tebak gambar untuk anak TK, lomba mewarnai untuk anak TK, lomba menata parsel buah. Pameran varian bibit buah, bursa buah, sayur dan tanaman hias," kata Yuhadi.

Selain itu, Yuhadi Samad juga menjelaskan bahwa jadwal pendaftaran perlombaan akan dimulai pada tanggal 11-19 Maret 2019 bertempat di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, dan Kantor Camat Sinjai Selatan.

"Adapun jadwal pendaftaran perlombaan, akan dimulai pada tanggal 11 hingga 19 Maret 2019, bertempat di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, dan Kantor Camat Sinjai Selatan. Dan pada perlombaan ini, akan memperebutkan hadiah uang, trophy dan sertifikat," jelas Yuhadi Samad.

Sebelumnya Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Festival Buah Sinjai ini untuk memperkenalkan potensi buah Sinjai.

Sehingga, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, mengharapkan bahwa dengan adanya festival buah tersebut, adalah merupakan langkah awal untuk mempromosikan, dan memperkenalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh masyarakat Sinjai, khusunya buah-buahan.

"Kita tentu mengharapkan bahwa potensi buah yang kita miliki tidak di klaim oleh daerah lain. Dan ini merupakan langkah awal untuk mempromosikan, dan memperkenalkan potensi sumber daya alam yang kita miliki, khusunya buah-buahan," (*)