Enam Pelaku Spesialis Pencuri Burung Diringkus Polsek Somba Opu Polres Gowa

BONEPOS.COM, GOWA - Aksi pencurian burung di Kampung Sero Kelurahan Tombolo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa berhasil digagalkan warga yang nyaris menjadi korban. Maling tersebut, terciduk ketika mengambil burung di dalam sangkar yang di letakkan di pekarangan rumah korban, Kamis 14 Maret dini hari.

“Enam pelaku dengan peranannya masing-masing berhasil diringkus. Mereka adalah DL, AL, FL, FS, AL, dan SI, yang mana seluruhnya merupakan warga Jl. Pallantikang Gowa,” terang Kasubbag Humas Polres Gowa Akp M Tambunan didampingi Kanit Reskrim Polsek Somba Opu Iptu P Malelak saat menggelar press conference, Sabtu 16 Maret 2019 siang.

Diketahui kejadian bermula saat pelaku sering melihat burung di Tempat Kejadian Perkara (TKP), sehingga pada Kamis (14/03) dini hari pelaku nekat memanjat pagar rumah korban dan masuk ke pekarangannya untuk mengambil burung yang disimpan dalam sangkar. “Aksi pelaku ketahuan karena saat hendak mengambil, burung tersebut berterbangan dan menimbulkan suara gaduh yang akhirnya membangunkan korban,” jelas Iptu P Malelak.

Sejumlah barang bukti pun kini berhasil diamankan dari tangan pelaku, diantaranya 3 (tiga) ekor burung nuri, 2 (dua) ekor burung merpati balap, 2 (dua) buah sangkar burung, 1 (satu) ekor burung kenari, 4 (empat) unit HP, 1 (satu) unit sepeda motor merk NMAX, serta 3 (tiga) ekor kucing jenis persia dan anggora.

Ditambahkan Kanit Reskrim, para pelaku tersebut rupanya sudah melakukan pencurian berulang kali di 14 TKP baik di wilayah Kota Makassar maupun Kabupaten Gowa. “Pelaku mengaku selain mencuri burung, ia juga mencuri HP,” tambahnya.

Keenam pelaku pun kini dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 3 dan 4 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara serta Pasal 480 KUHP ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Penulis:Ahmad Rusli