Zainal : Humas Dituntut Menghadapi Tantangan dan Perubahan Zaman

BONEPOS.COM. MAKASAR - Humas pemerintah merupakan ujung tombak dalam menyampaikan program dan kinerja pemerintah. Selain itu, humas sebagai corong atau sumber informasi, dituntut kemampuannya dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 dengan perubahan zaman yang sangat cepat terutama menghadapi perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi.

Hal tersebut dipaparkan secara gamblang Zainal,S.Sos,M.Si, Kandidat Doktoral Adm/Kebijakan Publik UNM yang juga merupakan praktisi media Bonepos.com, dalam acara Pelatihan Kehumasan dan Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Lynt Jl Hertasning Raya No 63 Makasar, Jumat malam 22 Maret 2019.

Pelatihan yang digelar oleh Wartawan Independen Bone (WIB) tersebut, diikuti sekitar 30 lebih peserta pelaku humas dari organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab Bone.

"Humas pemerintah diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan pengelolaan informasi di setiap instansinya, serta mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan berbagai program pemerintah yang hasilnya dapat dinikmati oleh publik," ungkap Zainal.

Ditambahkan, seiring semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi yang beredar di tengah masyarakat sebagai akibat dari tuntutan zaman, humas harus mampu menggunakan perangkat teknologi tersebut, guna mendistribusikan inforrmasi kepada publik secara cepat, tepat dan efektif.

"Public relation sedang memasuki masa kebangkitan dengan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi. Keberadaannya harus mampu mencapai sasarannya kepada publik secara langsung tanpa intervensi pihak-pihak yang dapat menghambat kegiatan komunikasinya," ujarnya.

Teknologi informasi dibutuhkan keberadaanya sebagai alat penunjang dan media. Dalam melaksanakan relasi atau hubungan yang baik, penggunaan teknologi informasi dapat memberikan ruang bagi praktisi humas dalam merealisasikan tujuan yang ingin dicapai.