Bappeda Sinjai Gelar Forum Perangkat Daerah

BONEPOS.COM, SINJAI - Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) menggelar Forum Perangkat Daerah Kabupaten Sinjai tahun 2019, dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Sinjai Tahun 2020. Dan kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Senin 25 maret 2019.

Ketua Panitia Pelaksana, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sinjai, Drs.Andi Ilham Abu Bakar, dalam laporannya menyampaikan bahwa forum koordinasi ini digelar untuk membahas hasil musrenbang kecamatan dan menyusun serta menyempurnakan rencana kerja perangkat daerah dengan program perencanaan partisipatif mulai tingkat desa, kelurahan, kabupaten/kota, provinsi hingga nasional dan merupakan instrumen pembangunan yang dilakukan secara bertahap.

"Forum ini strategis karena mempertemukan semua sektor dan penyelarasan usulan antara hasil Musrenbang serta sebagai arena untuk mensinergikan segala usulan, dimana forum perangkat daerah ini bertujuan sebagai bagian dari proses Musrenbang sebagai wadah komunikasi perangkat daerah dalam satu bidang," kata Andi Ilham.

Selain itu, kata Ilham, bahwa penyepakatan prioritas, indikator, lokasi, serta target sasaran, akan dibagi dalam tiga kelompok diskusi sesuai garis koordinasi masing-masing asisten.

"Penyepakatan prioritas, indikator, lokasi, serta target sasaran, akan dibagi dalam tiga kelompok diskusi sesuai garis koordinasi. Yakni, bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pemerintahan yang akan dipimpin oleh masing-masing koordinator, yaitu para asisten serta didampingi dari BAPPEDA," jelas Ilham.

Bupati Sinjai yang diwakili oleh Plt.Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai, DR.H.Muhlis Isma, membacakan sambutan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, bahwa Forum Perangkat Daerah merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 maka untuk lebih mempertajam usulan-usulan tersebut maka digelarlah forum ini dimana perangkat daerah, perwakilan kecamatan bersama para anggota DPRD duduk bersama untuk program-program dan kegiatan-kegiatan yang akan dituangkan dalam dokumen RKPD tahun 2020.

"Patut disyukuri bahwa salah satu agenda penting dalam proses perencanaan kita, yaitu penetapan RPJMD Kabupaten Sinjai tahun 2019-2023 telah berada dalam tahap finalisasi setelah penyerahan kembali rancangan Perda RPJMD dari DPRD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, saya berharap RPJMD ini segera ditindaklanjuti oleh seluruh perangkat daerah untuk menyelesaikan Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah tahun 2018-2023," kata Muhlis.

Selain itu, lanjut Muhlis Isma, bahwa Renstra dari setiap perangkat daerah diharapkan betul-betul mampu menerjemahkan setiap misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD, termasuk rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2020.

"Renstra dari setiap perangkat daerah diharapkan betul-betul mampu menerjemahkan setiap misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD, termasuk rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2020 yang akan kita bahas dalam Forum Perangkat Daerah ini sebagai bagian dari tahapan pelaksanaan Renstra Perangkat Daerah nantinya,".jelasnya.

Kata sambutan Bupati yang disampaikam oleh DR.H.Muhlis,
berpesan kepada seluruh Perangkat Daerah agar mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk menyusun Renja masing-masing.

"Setiap Perangkat Daerah harus terbuka pada setiap tanggapan, masukan dan saran dari perangkat daerah yang lain, begitupula para perwakilan kecamatan, agar kiranya dapat membantu mempertajam kembali rancangan isu dan permasalahan yang diangkat oleh perangkat daerah agar dapat mewakili kondisi riil yang ada di wilayah masing-masing," jelas Muhlis.

Untuk diketahui, setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan diskusi yang terbagi dalam tiga kelompok sesuai dengan garis koordinasi Asisten masing-masing, yaitu bidang Asisten Administrasi Pemerintahan, Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan dan Kesra serta Asisten Administrasi Umum. (*)