Dorna Ungkap 3 Alasan yang Bikin MotoGP Lebih Unggul dari F1

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta

BONEPOS.COM, Teradi perdebatan persaingan antara MotoGP dan Formula 1 (F1). CEO Dorna, Carmelo Ezpelata, mengklaim MotoGP jauh lebih baik dibanding F1.

Sebagai penyelenggara MotoGP, Ezpelata menyebut keunggulan balap motor bergengsi itu daripada F1 bukan hanya merujuk pada ketatnya persaingan di sirkuit. Menurut Ezpelata, MotoGP juga unggul dalam beberapa aspek di luar lintasan, terutama pada pembagian keuntungan komersial dan menempatkan faktor talenta pembalap di atas segalanya.

Di lintasan, persaingan di MotoGP memang lebih sengit. Kerap hadir kejutan di tiap balapan, meskipun dalam enam musim terakhir Marc Marquez mendominasi perolehan gelar juara dunia. Pacuan juara dunia dalam beberapa kesempatan harus ditentukan pada balapan terakhir, serta diwarnai duel-duel ketat bahkan hingga lap terakhir.

Di MotoGP, pemenang tiap seri juga lebih variatif. Dalam satu musim, tak mustahil muncul tujuh pembalap berbeda yang berhasil memenangi balapan. Hal yang sama sulit dijumpai di F1. Mercedes, terutama Lewis Hamilton, sangat dominan. Hanya Ferrari yang kerap mengancam duo Mercedes, sedangkan tim-tim lain sulit bersaing.

Ezpelata juga mengungkap faktor lain yang membuat MotoGP dinilai lebih baik dibanding F1. "Kesepakatan finansial kami menguntungkan bagi Dorna dan tim-tim. Sistem kami (di MotoGP) berbeda dengan di F1. Kami memberikan lebih banyak uang kepada tim satelit, dibanding tim pabrikan," ujar Ezpelata, seperti dilansir Tuttomoriweb, Minggu, 24 Maret 2019.

Faktor Manusia

Ezpelata punya alasan khusus mengapa Dorna menerapkan kebijakan tersebut. Mereka ingin tim satelit bisa tampil kompetitif sehingga persaingan di lintasan menjadi lebih menarik.

Empat tim pabrikan utama, yaitu Honda, Yamaha, Ducati, dan KTM, juga berhak mendapat dukungan finansial jika menyuplai motor untuk tim satelit.

"Contohnya Ducati, dengan tim satelit Pramac Racing. Kami akan mencari solusi supaya tim satelit bersaing," jelas Ezpelata.

Pria asal Spanyol itu juga menegaskan faktor manusia sangat penting di MotoGP, di atas faktor teknis dan ekonomi. Itulah yang membedakan MotoGP dengan F1.

"Mari mulai dari prinsip bawah kami ini adalah olahraga. Kami menilai elemen terpenting adalah manusia. MotoGP adalah pertunjukan balap motor di dunia karena menyuguhkan aksi pembalap-pembalap terbaik di dunia," kata Ezpelata.

"Tujuan kami adalah menyediakan struktur yang menjamin mereka bisa memiliki kans terbaik mengekspresikan talenta," imbuh dia.