FBS 2019 Bakal Menjadi Event Tingkat Provinsi, Sinjai Siap Jadi Tuan Rumah

BONEPOS.COM, SINJAI - Festival Buah Sinjai 2019, yang telah dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, pada Sabtu 23 maret 2019, akhirnya hari ini resmi ditutup, Minggu 24 Maret 2019.

Pembukaan kegiatan Festival Buah Sinjai 2019 tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala Bank Indonesia perwakilan Sulawesi Selatan, dan beberapa tamu dari Kabupaten Kota serta Provinsi.

Menurut ketua panitia pelaksana kegiatan Festival Buah Sinjai 2019, Drs.Yuhadi Samad, kepada bonepos.com, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk melihat potensi yang ada di daerah Kabupaten Sinjai. Selain itu, dengan kegiatan tersebut tentu pemerintah daerah akan memikirkan bagaimana pengembangan potensi tersebut untuk kedepannya.

"Alhamdulillah, kegiatan festival buah ini bisa terlaksana dengan baik dan sempat dihadiri langsung oleh ketua BI perwakilan Sulawesi Selatan. Tentu pak Bupati mengharapkan bahwa dengan melihat potensi yang ada, tentu pemerintah daerah akan memikirkan pengembangan potensi ini kedepannya," jelas Yuhadi.

Tak hanya itu, kata Yuhadi, bahwa Bupati juga menginginkan bagaimana supaya petani kita yang ada di Kecamatan, melalui sentra unggulannya itu, bisa fokus untuk menanam atau mengembangkan tanaman-tanaman yang berpotensi di Kecamatannya masing-masing.

"Tentu Bupati juga menginginkan bagaimana supaya petani kita yang ada di Kecamatan, melalui sentra unggulannya itu, bisa fokus untuk menanam atau mengembangkan tanaman-tanaman yang berpotensi di Kecamatannya masing-masing," kata Yuhadi Samad.

Selain itu, Yuhadi Samad, juga menyampaikan, bahwa dengan terlaksananya kegiatan Festival Buah Sinjai tersebut, akan menjadi bahan bagi pelaku usaha untuk dapat menjalin hubungan komunikasi dengan investor.

"Ini juga akan menjadi bahan bagi pelaku usaha, karena bisa saja investor yang datang tidak lagi bertanya tentang kualitasnya. Tetapi bertanya jumlah stok yang ada serta berapa jumlah produksinya setiap bulannya. Karena ketika hubungan komunikasi sudah berjalan dengan baik," ungkap Yuhadi Samad.

Lanjut Yuhadi Samad bahwa dengan kegiatan tersebut, secara langsung masyarakat Sinjai mampu memperlihatkan potensi yang dimilikinya, baik secara tingkat Kecamatan, maupun secara satu Kabupaten.

"Ini akan memberikan data bagi siapa saja untuk mengetahui potensi yang ada di daerah kita, Sinjai ini. Dan harapan kami, bahwa ini merupakan sebuah langkah awal. Mudah- mudahan kedepan, apa yang menjadi kekurangan kita, akan segera di evaluasi. Dan komitmen bapak Bupati Sinjai, bahwa tahun depannya, Event tersebut akan di jadikan event tingkat provinsi. Dan pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, siap menjadi tuan rumah," jelasnya.

Adapun acara yang ikut di lombakan pada kegiatan menjelang penutupan tadi, adalah Lomba
penganan atau makanan yang bahan dasarnya dari sari buah. Selain itu, lomba seni, mengukir buah serta lomba makan durian.

"Acara yang ikut di lombakan pada kegiatan menjelang penutupan tadi, adalah Lomba
penganan atau makanan yang bahan dasarnya dari sari buah. Selain itu, lomba seni, mengukir buah serta lomba makan durian," katanya.