Menjaga Kelestarian Lingkugan, Wabup Sinjai Sosialisasi Proklim

BONEPOS.COM, SINJAI - Wakil Bupati Sinjai, Hj.Andi Kartini Ottong membuka kegiatan sosialisasi Program Kampung Iklim yang bertempat di Ruang Pola kantor Bupati Sinjai, Selasa 26 maret 2019.

Ketua panitia Evi Kasim Nur dalam laporannya mengatakan bahwa
sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM), bertujuan mendorong kelompok masyarakat untuk melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim ditingkat lokal.

"Sosialisasi Program Kampung Iklim (PROKLIM), ini bertujuan untuk mendorong kelompok masyarakat melakukan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim ditingkat lokal. Juga menjaga kelestarian lingkugan, agar tetap lestari dan memberi manfaat sosial, ekonomi, lingkugan serta pengurangan resiko bencana terkait iklim," jelas Evi.

Wakil Bupati Sinjai, Hj.Andi Kartini Ottong dalam sambutanya menyampaikan bahwa, ada tiga program nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia. Yaitu, Adipura, Adiwiyata dan Program Kampung Iklim, program tersebut Sejalan dengan misi Pemda Kabupaten Sinjai. Seperti yang ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2018-2023.

"Proklim merupakan salah satu kebijakan dan strategis dalam memelihara kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Saya berharap program Proklim ini dapat dilaksanakan disemua Kecamatan, Kelurahan dan Desa, karena manfaatnya sangat besar terhadap pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sinjai," harap Hj.Andi Kartini.

Untuk diketahui, ada tiga lokasi Kampung Iklim yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai Tahun 2019. Yaitu, Dusun Bonto Bundu Desa Patalassang Kecamatan Sinjai Timur,
Dusun Patohoni Desa Palae Kecamatan Sinjai Selatan, dan Desa Saotengah Kecamatan Tellulimpoe.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Ekonomi, pembangunan dan Kesra, Hj. Nikmat Baddare Situru, para kepala perangkat daerah, Ketua Kabupaten Sehat, para Camat dan Kepala Desa, para Kelompok tani, para kelompok pencinta alam dan lingkungan, para penyuluh Se-Kabupaten Sinjai (*)