Putusan MA Bebaskan Wakil Ketua DPRD Bone, Begini Tanggapan Bawaslu

BONEPOS.COM - INT Logo Bawaslu

BONEPOS.COM, BONE - Putusan Mahkamah Agung (MA) yang membebaskan wakil Ketua DPRD Bone, Hj Andi Samsidar dari segala tuntutan pidana atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Watampone ditanggapi dingin oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone.

Komisioner Bawaslu Bone, Alwi mengatakan, meski pihaknya belum menerima salinan putusan MA terkait status hukum Caleg Gerindra Bone itu, Bawaslu senantiasa menghormati putusan yang dikeluarkan oleh MA tersebut.

"Kami tetap menghormati putusan tersebut dinda," singkat Alwi saat dihubungi oleh Bonepos.com, melalui pesan Whatsapp-nya, Selasa, 26 Maret 2019.

Diberitakan sebelumnya, MA memutuskan membebaskan Hj Samsidar dari segala tuntutan/dakwaan serta vonis yang dijatuhkan, PN Watampone.

Putusan yang dikeluarkan MA tertanggal 19 Maret 2019 itu, membatalkan putusan PN Watampone tertanggal 26 Februari 2019, dengan nomor 38/Pid.Sus/2019/PN Wtp.

MA juga memutuskan untuk melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum Jaksa Penuntut Umum, serta memulihkan hak terdakwa dalam kedudukan, kemampuan serta harkat dan martabatnya seperti semula.

Selain itu, MA juga mengadili bahwa kehadiran Samsidar menggunakan fasilitas negara berupa kendaraan dinas dalam acara kampanye yang menghadirkan Cawapres Sandiaga Uno di Lapangan Persibo Watampone, bukan merupakan tindakan pidana Pemilu.

Penulis: Ilham Iskandar