Serahkan LKPJ 2018 ke DPRD, Adnan Sampaikan Capaian Keberhasilannya

BONEPOS.COM, GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2018 pada Ketua DPRD Kabupaten Gowa, saat sidang paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Gowa Tahun Anggaran 2018, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Gowa, Selasa (26/3).

Adnan mengatakan, Pemkab Gowa secara umum telah menunjukkan capaian kinerja yang baik dan berhasil mencapai target-target yang tertuang di dalam arah kebijakan umum berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah, serta pertanggungjawaban Bupati untuk tahun ketiga pada periode RPJMD 2016-2021.

"Apa yang kita serahkan ini sebagai bentuk penjabaran dari visi, misi Pemkab Gowa yang juga merupakan tugas dan kewajiban kami dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat di Gowa," ujarnya dihadapan para peserta Rapat Paripurna.

Pada kesempatan ini, orang nomor satu di Gowa tersebut menyampaikan prioritas pembangunan pemkab Gowa, salah satunya pada bidang pendidikan yang mengantarkan Kabupaten Gowa sedikit lagi menjadi kabupaten pendidikan pertama di Sulsel.
"Kami telah menciptakan berbagai program inovativ dalam bidang pendidikan, sehingga hasilnya kita mendapatkan beberapa penghargaan seperti juara II lomba sekolah sehat tingkat nasional, Dinas Pendidikan sebagai pelaksana akuntabilitas kinerja kategori sangat baik atau BB dari Menpan-RB, dan masih banyak penghargaan lainnya di tahun 2018," beber Adnan.

Selain itu, prioritas pembangunan juga terdapat pada bidang kesehatan salah satunya menjadikan 26 puskesmas sebagai rawat inap, dan meningkatkan aktreditasi puskesmas oleh tim nasional yang saat ini mencapai 22 puskesmas.
"Peningkatan sarana, prasarana dan akreditasi ini murni upaya nyata Pemkab Gowa untuk lebih mendekatkan layanan kesehatan ke masyarakat dan pastinya menghadirkan layanan yang lebih berkualitas lagi," tambahnya.

Tak hanya itu, pada bidang Infrastruktur, Lingkungan Hidup, Perhubungan, Ketahanan Pangan, Koperasi dan UMKM, Pemerintahan Umum, juga berjalan signifikan pada tahun 2028 sehingga mengantarkan Kabupaten Gowa menjadi seperti sekarang ini.

"di bidang infrastruktur, kami telah berkomitmen mengalokasikan anggara minimal 20 persen APBD setiap tahunnya," tambah Adnan.

Hingga saat ini total penghargaan yang diraih Pemkab Gowa sebanyak 62 penghargaan baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Bahkan, baru-baru ini lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) mengeluarkan hasil tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kabupaten Gowa yang mengalami kenaikan, yakni dari 81,8 persen ditahun 2017 menjadi 83,3 persen pada tahun 2018.

Tak sampai disitu, angka kemiskinan juga menurun yaitu dari dari 8,42 persen di tahun 2017 menjadi 7,83 persen di tahun 2018. Hal itu juga terlihat pada angka pengangguran yang mengalami penurunan dari 6,14 persen di 2017, menjadi 4,80 persen 2018.

" Apa yang kita raih sampai sekarang tidak lepas dari kerjasama kita semua, semoga ini bisa menjadi motivasi untuk terus bekerja dengan baik demi Kabupaten Gowa yang lebih sejahtera di masa yang akan datang," harapnya.

Turut hadir, unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, dan Pimpina9n SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

Penulis:Ahmad Rusli