Musrenbang RKPD, Sinjai Bakal Jadi Sentral Penghasil Bawang Putih

BONEPOS.COM, SINJAI - Wakil Bupati Sinjai Hj.Andi Kartini Ottong, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sinjai Tahun 2019, di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Kamis, 28 maret 2019, terkait Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai Tahun 2020.

Kepala Bappeda Kabupaten Sinjai, Drs.Ilham Abu Bakar, dalam laporannya, mengatakan bahwa maksud dari pelaksanaan Musrembang ini adalah untuk penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan, klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu indikatif program/kegiatan.

"Selain untuk penyelarasan prioritas dan sasaran pembangunan, klarifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat, penyepakatan prioritas, sasaran, indikator, target kinerja, lokasi, kelompok sasaran, dan pagu indikatif program/kegiatan. Ini juga tujuannya untuk tersusunnya dokumen Rancangan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2020," jelas Ilham.

Sementara itu, Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian dari tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2020 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan, dan musrenbang tingkat Kecamatan.

"Dalam tahapan tersebut Pemerintan Daerah telah menginventarisir berbagai usulan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat yang selanjutnya akan dipertemukan dengan program dan kegiatan yang telah dirumuskan. ini merupakan rangkaian dari tahapan Penyusunan RKPD Tahun 2020 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan, dan musrenbang tingkat Kecamatan," kata Hj.Andi Kartini.

Selain itu, Hj.Andi Kartini Ottong juga menyampaikan gambaran mengenai RPJMD Kabupaten Sinjai Tahun 2019-2023 dengan Visi Misi yang dirumuskan dalam RPJMD.

"Ini adalah gambaran dari RPJMD Kabupaten Sinjai tahun 2019-2023, dengan Visi Misi Terwujudnya Masyarakat Sinjai Yang Mandiri, Berkeadilan Dan Religius Melalui Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berdaya Saing," ungkap Hj.Andi Kartini.

Selain itu, dengan misi meliputi, Penguatan Infrastruktur di bidang pembangunan daerah, pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat di sektor pendidikan dan sektor kesehatan, ia berharap Musrenbang tersebut akan mencapai sasaran yang diharapkan dengan melahirkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2020 yang selaras dengan perencanaan di tingkat Provinsi maupun pusat.

“Tentunya kita semua berharap bahwa Musrenbang hari ini akan mencapai sasaran yang diharapkan dengan melahirkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai Tahun 2020 yang selaras dengan perencanaan di tingkat Provinsi maupun pusat, dan tentunya mampu mengantarkan masyarakat Sinjai menjadi masyarakat yang sejahtera dan Sinjai sebagai daerah yang maju," harap Hj.Andi Kartini Ottong.

Acara Pembukaan Musrembang ditandai dengan penyerahan usulan kegiatan ke tingkat Provinsi yang diserahkan oleh Wakil Bupati Sinjai kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan, Ir.H.Fitriani, yang mewakili Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Sambutan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan yang dibacakan oleh Ir.H.Fitriani, menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang dalam hal penyampaian RKPD Tahun 2019 ini merupakan salah satu agenda prioritas nasional dan terkait dengan proses perencanaan pembangunan daerah di seluruh indonesia.

Hal ini merupakan upaya untuk mendukung pencapaian salah satu nawa cita, yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam Kerangka Negara Kesatuan. Ia mengharapkan penyampaian RKPD nantinya berdampak positif bagi daerah dan sumber daya manusianya di berbagai bidang sektor.