DPK KNPI Kecamatan Herlang dan Mahasiswa Lakukan Aksi, Ini Tuntutannya

BONEPOS.COM, BULUKUMBA - Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI Kecamatan Herlang dan Mahasiswa Bulukumba, melakukan aksi demonstrasi karena adanya pasien meninggal yang diduga tidak tertangani Kepala Puskesmas Herlang.

Puluhan Pengurus DPK Kecamatan Herlang dan Mahasiswa melakukan aksi demonstrasi di Teko, Dinas Kesehatan, dan DPRD Kabupaten Bulukumba, Kamis 28 Maret 2019. Hal tersebut dilakukan karena diduga Pelayanan di Puskesmas Herlang, Kabupaten Bulukumba, setelah ada salah seorang pasien yang meninggal dunia bernama Pung Dontu diduga karena tidak mendapat pelayanan pada Puskesmpas tersebut.

"Dinas Kesehatan beserta anggota DPRD Kabupaten Bulukumba seharusnya pemerintah progres terhadap pengawasan dan penindakan kepada petugas kesehatan yang ada di PKM Herlang yang dimana kejadian pekan lalu, masyarakat Kelurahan Tanuntung (Pung Dontu) yang meninggal dunia akibat tidak di layani dengan baik pada saat berada di Puskesmas Herlang," teriak Heri Manompo selaku Koordinator Aksi dalam orasinya.

Sementara itu, Sabir dalam orasinya mengatakan bahwa meminta kepada Pemerinrah dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk secepatnya melakukan evaluasi terhadap seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bulukumba.

"Maraknya kejadian pelayan khususnya diruang lingkup kesehatan banyak merugikan masyarakat banyak sehingga meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan agar segera evaluasi seluruh kinerja puskesmas yang ada di Kabupaten Bulukumba khususnya di Kecamatan Herlang agar bisa menjadi pelajaran, kejadian yang terjadi tentunya harus membutuhkan perhatian khusus bagi Dinas Kesehatan agar tidak terulang kembali,"kata Sabir

Lanjut saat berorasi di depan gedung anggota dprd kab. Bulukumba

"Kami sempat kecewa ketika ingin melakukan audensi terhadap keluhan yang di alami masyarakat karna tak satupum anggota dewan yang berada di gedung mewahnya, "mungkin karna ini musimnya kampanye jadi kewajibannya sebagai penerima aspirasi di abaikan," ungkapnya

Adapun tuntutan dalam aksi tersebut :

1. Meminta kepada Dinas Kesehatan memperivikasi hasil kinerja di Puskesmas Kecamatan Herlang khususnya dan PKM di Kecamatan lainnya pada umumnya di Kabupaten Bulukumba.
2. Mendesak Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba agar segera mencopot Kepala Puskesmas Tanuntung Kecamatan Herlang karena tidak bekerja maksimal.
3. Meminta kepada Dinas Kesehatan menambah tenaga Dokter di Puskesmas Tanuntung Kecamatan Herlang.
4. Meminta kepada anggota DPRD Kabupaten Bulukumba untuk mengintensifkan pengawasan pada tiap Puskesmas di Bulukumba sebagaimana fungsi DPRD.
5. Mendesak kepada Pemerintah Daerah agar meningkatkan kesejahteraan para perawat khususnya honorer secara umum di Kabupaten Bulukumba.

Penulis:Iwan Taruna