Irjen Kemenag Audit Dana Bos Madrasah di Bone

BONEPOS.COM, BONE - Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Agama Pusat mengaudit pelaksanaan kegiatan pelaporan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi madrasah-madrasah penerima Dana BOS Tahun Anggaran 2018.

Sebanyak 13 Madrasah Negeri dijadikan sample pada kegiatan audit yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kamis, 28 Maret 2019. Tim yang terdiri dari tujuh orang tersebut diketuai Suhersi selaku penanggung jawab.

Tim pengendali teknis Sugiyanto yang dikonfirmasi Bonepos.com menuturkan, tujuan audit atau pemeriksaan itu pada dasarnya adalah mengawasi dan melihat sejauh mana hasil pelaksanaan dan pertanggung jawaban dari kegiatan khususnya penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang sudah di gelontorkan pemerintah kepada sekolah sekolah khususnya sekolah madrasah di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone.

"Kita evaluasi kegiatan penggunaan dana BOS itu apakah sudah sesuai yang diharapkan pemerintah yaitu tepat sasaran dan tepat guna," ujarnya

Selain itu lanjutnya audit ini untuk melihat mulai dari mana prosesnya, bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan serta pemanfaatannya.

"Semua itu baru kami paparkan hasil auditnya dan Alhamdulillah kegiatannya sudah berhasil dengan baik," kata Sugiyanto.

Ada tiga Kabupaten yang dijadikan sampel dalam kegiatan ini yaitu Kabupaten Bone, Kabupaten Luwu dan Kabupaten Selayar "Harapan kami selaku tim pengawas Inspektorat Jenderal

Kemenag mudahan-mudahan pelaksanaan kegiatan dana BOS didaerah tidak ada sampai terkena operasi tangkap tangan atau OTT oleh KPK dan mudah-mudahan disini tidak ada," harap tim auditor Irjen Kemenag pusat itu.